Select Page

FIP UM โ€“ Sebanyak 7 (Tujuh) Mahasiswa diberangkatkan ke Selangor โ€“ Malaysia dalam rangka kegiatan Short Mobility Application at Universiti Putra Malaysia (UPM) yang berlangsung selama 20 hari terhitung pada Senin, 06 November 2023 sampai dengan 26 November 2023. Pemberangkatan kegiatan di Kuala Lumpur (Malaysia) di dampingi oleh 2 Dosen yaitu Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, S.Pd., M.Pd. (PLS) dan Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd., M.Pd. (PGSD).

Tim Short Mobility UPM dari yang berjumlah 7 (Tujuh) mahasiswa diantaranya : Bilqis Hikmatus Sa’adiyah, Dinmas Surya Birru Walidain, Kenintan Rinduiyasa, Kholishotul Magfiroh, Leny Lailatul Maghfiroh, Rezaldi Hafidz Fadillah, Wiwin Januaris. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama antara Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) dengan Universiti Putra Malaysia (UPM).

Kegiatan dalam bidang akademik, 7 (Tujuh) mahasiswa FIP berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan yang diselenggarakan baik secara daring (online) maupun secara tatap muka (offline) di Fakulti Pengajian Pendidikan pada matakuliah :

  1. Pembangunan Kepemimpinan oleh Dr. Nurul Afiqah Zulkifly
  2. Polisi Pembangunan oleh PM. Dr. Nor Wahiza Abd Wahat
  3. Pembangunan Belia oleh PM. Dr. Mohd Mursyid Arshad
  4. Pendidikan Profesional Berterusan oleh Dr. Mageswari Kunasegaran
  5. Pembangunan Organisasi oleh Dr. Mohd Faiq Abd Aziz

Mahasiswa FIP yang beranggotakan 7 (Tujuh) orang ini mendapatkan suatu hal berharga dan kesan yang mendalam ketika mengikuti perkuliahan yang juga berisikan mahasiswa Internasional. 

Dalam rangkaian kegiatan mereka selama di Malaysia, tidak hanya berada pada ruang kelas perkuliahan akademik saja. Mereka juga mengikuti serangkaian kegiatan yang menyenangkan dan edukatif. Salah satunya ialah Jelajah Budaya Malaysia, yang diawali dengan menjelajah kekayaan budaya yang tersimpan di area kampus Universiti Putra Malaysia (UPM) yaitu Muzium Warisan Melayu yang berfokus pada empat koleksi kelestarian jati diri bangsa Melayu, meliputi :

  1. Koleksi Manuskrip Melayu dan keagamaan
  2. Koleksi Tekstil Melayu
  3. Koleksi Busana Melayu
  4. Koleksi Persenjataan Melayu Silamyang

Selain keindahan Warisan Budaya yang terletak di area kampus UPM, 7 (Tujuh) mahasiswa FIP juga mendapatkan kesempatan menjelajahi keindahan Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Mereka mengunjungi tempat-tempat terkenal seperti Perpustakaan Kuala Lumpur, Galeri Kuala Lumpur, Dataran Merdeka, Masjid Jamek, Kuala Lumpur City Gallery, Central Market, dan Petaling Street. Di sini, mereka memiliki kesempatan untuk merasakan budaya dan pluralitas Malaysia yang unik. Selanjutnya, mereka mengunjungi Batu Caves. Selama kunjungan ini, mereka juga dapat merasakan keindahan alam dan budaya Malaysia yang kaya.

Kegiatan yang beragam dan berharga ini meninggalkan kesan mendalam pada mahasiswa. Mereka memiliki peluang untuk memperluas wawasan mereka, memahami budaya dan masyarakat Malaysia, serta meraih pengetahuan yang bermanfaat dalam studi mereka di Universitas Negeri Malang.

Translate ยป