Select Page

Azizah, Fitri Nur

Pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan yang mendorong siswa untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah, meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Oleh karena itu, di dalam pembelajaran guru diharapkan dapat merancang kegiatan belajar yang mengarahkan siswa pada pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tema Indahnya Persahabatan, (2) pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tema Indahnya Persahabatan, (3) penilaian pembelajaran tema Indahnya Persahabatan dengan pendekatan saintifik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Subjek penelitian yaitu guru kelas III di SDN Merjosari 02 Kota Malang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, member check, dan penggunaan bahan referensi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan, yaitu pra-lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen pendekatan saintifik direncanakan dalam RPP tetapi belum dikembangkan secara optimal; (2) pendekatan saintifik yang direncanakan belum semuanya terlaksana secara optimal dalam pembelajaran, dua di antara lima komponen pendekatan saintifik yaitu pada kegiatan mengamati menggunakan media gambar serta hasil kegiatan mengamati tidak dicatat oleh siswa, dan pada kegiatan menalar belum dimunculkan dalam pembelajaran; (3) penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik, menunjukkan bahwa penilaian sikap yang dilakukan menggunakan observasi, penilaian pengetahuan menggunakan teknik penugasan dan tes tulis, serta penilaian keterampilan menggunakan penilaian kinerja.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, yakni komponen RPP yang dicantumkan dan pengembangan penilaian pembelajaran belum sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 dan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, maka disarankan agar sekolah mengadakan pelatihan tentang pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik dan berpedoman pada panduan teknik implementasi kurikulum 2013.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, pembelajaran tematik terpadu kelas III SD

Translate »