Select Page

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) Program Studi FIP

SCPL DEPARTEMEN BK

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warganegara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran secara teoritiki dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global
  3. Mampu merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur layanan bimbingan dan konseling pada jenis, jalur dan jenjang pendidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif berdasarkan teori-teori pendidikan, psikologi, sosiologi-budaya dan antropologi.
  4. Mampu mengembangkan, menyelenggarakan, mengevaluasi dan menyelia layanan bimbingan dan konseling yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat developmental, preventif, kuratif, preservatif, dan kolaboratif pada jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, komprehensif, dan adaptif dengan memerhatikan keragaman sasaran layanan.
  5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data serta menggunakannya sesuai kode etik untuk mendukung layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya.
  6. Mampu melakukan kajian ilmiah bidang bimbingan dan konseling dalam bentuk penelitian skripsi dan mempublikasikannya dalam berbagai forum ilmiah.
  7. Mampu mengembangkan diri secara multidisiplin dengan memelihara jaringan kerja sama dengan pembimbing, kolega, profesional lain, dan berbagai lembaga yang relevan dalam rangka mengelola dan mengevaluasi jasa profesi dalam bidang bimbingan dan konseling.

SCPL DEPARTEMEN TEP

  1. Mengimplementasikan konten pengetahuan  untuk  menciptakan, menggunakan, mengases (assess) dan mengelola aplikasi Teknologi pembelajaran secara teoritik dan praktik.
  2. Menerapkan konten Pedagogy melalui pengembangan diri menjadi praktisi reflektif (reflective practitioners) yang mampu mendemonstrasikan pemanfaatan proses-proses dan sumber-sumber belajar mutakhir.
  3. Menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi belajar dengan cara menciptakan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola lingkungan belajar yang efektif
  4. Mengimplementasikan Pengetahuan dan keterampilan Profesional dalam merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan menilai lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktik yang mendukung.
  5. Menerapkan dalam melakukan mengeksplorasi,  mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode penelitian untuk meningkatkan belajar dan memperbaiki unjuk kerja.

SCPL DEPARTEMEN AP

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang manajemen pendidikan.
  2. Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang kepemimpinan pendidikan.
  3. Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang supervisi pendidikan.
  4. Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang entrepreneurship bidang pendidikan.

SCPL DEPARTEMEN PLS

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga Negara yang agamis, mencintai Negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Menguasai konsep dan prosedur pendidikan nonformal secara kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, mendayagunakan teknologi informasi (TI), serta memiliki integritas dan berkarakter.
  3. Menguasi konsep social preneurship sehingga mampu merancang dan mengimplementasikan dalam bidang PNF secara kreatif & inovatif, responsif, serta memiliki integritas dan berkarakter.
  4. Menguasai konsep dan prosedur penelitian sehingga mampu merancang dan mengimplementasikan penelitian bidang PNF secara kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, mendayagunakan teknologi informasi (TI), serta memiliki integritas dan berkarakter

 

 

SCPL DEPARTEMEN KSDP

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
  3. Menerapkan dan mengevaluasi strategi pengelolaan dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar dengan mengutamakan sikap spiritual dan sikap sosial.
  4. Menerapkan dan menganalisis bidang kajian Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan pkn di Sekolah Dasar secara kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif.
  5. Merancang, mengorganisasi, mengembangkan dan mengevaluasi bidang kajian Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKn dan Seni Budaya dalam pembelajaran Sekolah Dasar secara mandiri berorientasi pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK.)
  6. Menyusun kajian tentang tentang penerapan dan analisis bidang kajian Sekolah Dasar berdasarkan nilai humaniora, kaidah, tata cara, dan etika ilmiah berupa karya ilmiah yang disimpan dalam repository perguruan tinggi untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan mnerapkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi dengan civitas akademika maupun masyarakat ilmiah secara mandiri.
  7. Menguasai dan menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan administrasi dan supervisi dalam proses evaluasi kinerja individu dan atau kelompok di bawah tanggungjawabnya secara berkelanjutan.
  8. Menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai educatorpreneurship berbasis kehidupan yang berwawasan TIK dengan mengembangkan potensi lokal untuk keunggulan global.

 

 

SCPL DEPARTEMEN PLB

  1. Merancang pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah khusus, sekolah inklusif, maupun jalur pendidikan nonformal pada tingkat pendidikan pra sekolah, dasar dan menengah dengan berbasis kemandirian.
  2. Melaksanakan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah khusus, sekolah inklusif, maupun jalur pendidikan nonformal pada tingkat pendidikan pra sekolah, dasar dan menengah dengan berbasis kemandirian dan menggunakan pendekatan pembelajaran yang
    efektif, inovatif, dan humanis, serta mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
  3. Mengevaluasi pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah khusus, sekolah inklusif, maupun jalur pendidikan nonformal pada tingkat pendidikan pra sekolah, dasardan menengah dengan berbasis kemandirian.
  4. Menerapkan kemampuan sikap, pengetahuan, keterempilan dengan komitmen daam memanfaatkan setiap peluang untuk pengembangan diri berbasis kehidupan.

 

 

SCPL DEPARTEMEN PAUD

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Menguasai konsep dasar keilmuan pendidikan dan pembelajaran anak usia dini secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia untuk melandasi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan mengedepankan inovasi dan kecakapan berpikir logis, kritis, kreatif, serta bertanggungjawab
  3. Memiliki kemampuan sebagai pembelajar mandiri yang dapat menumbuhkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, adaptif, kolaboratif, dan komunikatif dalam memerankan sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, konsultan, dan pengelola lembaga di bidang PAUD.
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara teoritis dan praktis dalam melakukan kajian riset di bidang pendidikan PAUD berdasarkan kaidah keilmuan, prosedur dan etika ilmiah yang adaptif terhadap perkembangan IPTEKS
  5. Memiliki kapabilitas sebagai wirausaha di bidang pendidikan anak usia dini yang mandiri, inovatif, adaptif, produktif, dan berdaya saing.

 

 

Translate »