Select Page

Kerjasama sinergis antara Institusi pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi, merupakan hal yang relevan dalam era kekinian. jejaring yang solid, mutualistis diharapkan mampu menghasilkan performa kinerja yang baik, salah satunya adalah penjaminan mutu siswa atau calon lulusan. Dalam framing tersebut, Madrasah Aliyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo menjalin Kerjasama dengan Fakultas ilmu Pendidikan UM. Perjanjian Kerjasama (PKS) telah ditandatangani oleh kedua pihak, di kampus FIP UM, pada 11 Desember 2023. Penandatanganan dilakukan oleh pimpinan kedua institusi, yaitu Kepala Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1, Ustadz Nun Ahsan Maliki, S.Sy., M.Pd, dan Dekan FIP UM, Dr. Ahmad Yusuf Sobri, M.Pd. Dengan ditandatanganinya PKS, kedua belah pihak diharapkan mampu secara dinamis mendesain dan mengimplementasikan berbagai bidang yang relevan dengan isi naskah perjanjian Kerjasama.

 

Sebagai tindak lanjut dan implementasi kerjasama tersebut, pada Kamis 18 Januari, dilaksanakan kinerja bersama antara Madrasah Zainul Hasan 1 (MA ZH1) dan tim Dosen FIP UM dalam ajang Munaqosah, yaitu kegiatan penilaian terhadap produk dan laporan tugas akhir siswa MA ZH1. Para siswa MA ZH1 ini merupakan siswa SMK dengan program terapan unggulan bidang TIK (PRODISTIK), terdiri dari Prodi Multimedia, Desain Grafis, Programming, dan Adminstrasi Perkantoran. Tim penilai dari FIP UM yang hadir di MA ZH1 Genggong, terdiri dari : Kadep TEP, Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd yang menilai siswa prodi Multimedia; Kalab TEP, Dr. Yerry Soepriyanto, M.T. menilai siswa Programming; Kalab AP, Wildan Zulkarnain, M.Pd menilai siswa Administrasi Perkantoran, dan Koordinator Tim Humas & Kerjasama FIP, Eka Pramono Adi, M.Si menilai siswa Desain Grafis. Tim Dosen FIP ini dipimpin oleh Wadek 3 FIP, Dr. Arbin Janu Setiyowati, M.Pd.

Kegiatan penilain produk dan laporan tugas akhir tersebut, berlangsung dalam suasana serius tetapi bernuansa dialogis-akademis yang hangat. Sesi ini mampu memunculkan kualitas ide dan produk inovatif para siswa MA ZH1. Para siswa yang telah ditempa proses pembelajaran dan bimbingan para ustadz/ustadzah MA ZH1 mampu menampilkan performa berargumentasi yang baik, mempertahankan ide dengan argumen yang prima. Tak sekedar menilai, tim dosen FIP juga memberikan saran konstruktif bagi para siswa sesuai bidang kepakaran tiap dosen. Para siswa sangat antusias mendapatkan saran dan masukan, dan sebagian siswa bahkan menyatakan minatnya untuk melanjutkan pendidikan di UM. Kerja bersama yang baik ini diharapkan akan menjadi awal bagi sinergi berkelanjutan kedua belah pihak. (epa)

Translate »