UM Lakukan Monev Program Mahasiswa Program Mahasiswa Magang Bersertifikat di BUMN Barata dan Pelindo III Surabaya

Malang, 28/06/2019. Dalam rangka melaksanakan program monitoring evaluasi program mahasiswa magang di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd bersama dengan Dosen Teknik Mesin dan Teknik Elektro kunjungi Barata dan Pelindo III Surabaya. Kegiatan monev dilaksanakan pada, Kami, 27 Juni 2019 mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Tim pemonev dari UM dipimpin langsung oleh Staff Ahli Wakil Rektor IV yakni Dr.Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd serta staff bagian kerjasama UM. Para pemonev merupakan dosen dari mahasiswa yang magang di BUMN Barata Indonesia dan PT Pelindo III Surabaya. Jumlah mahasiswa UM yang lolos program magang di kedua BUMN tersebut sebanyak 10 orang diantaranya Maura Salmaa Amalia, Deyan Elsa Vachrenisa, dari Prodi Teknologi Pendidikan FIP UM, kemudian Wahyuni Puji Utami dari Sastra Inggris, Zaenal Bahrur Roziki dari Psikologi, Arna Salsabila dan Irsyad Maulana K dari Teknik Sipil, Hario Jaladiyan dan Rizki Rahmawati dari Teknik Elektro, serta Ahmad Padhillah dan Mahfud Ihsan dari Teknik Mesin.

Rombongan pemonev pertama mengunjungi Barata Indonesia yang berada di Gresik. Rombongan disambut langsung oleh Kepala Bagian SDM dan tim. Salah satunya merupakan alumni dari UM (IKIP Malang) yakni Bapak Widodo dari Prodi Sastra Inggris. Proses monev berlangung kurang lebih 2 jam. Secara umum pihak Barata merasa sangat terbantu dengan kedatangan mahasiswa magang dari UM yang mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan tempat kerja di Barata.

Setelah itu rombongan berangkat ke PT Pelindo III Subaya. Rombongan pemonev diterima oleh kepala SDM Ibu Baik Nurul dan tim. Kebetulan salah satu staff sdm di PT Pelindo juga alumni Psikologi UM angkatan 2008 yang bernama Ibu Nia.

Baik dari Barata maupun di PT Pelindo III, secara umum dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang magang merasa nyaman dan berterimakasih karena diberikan kesempatan untuk mengikuti program magang bersertifikat. Di samping itu pihak pengguna para pemagang juga merasa senang dan berterimakasih karena mereka terbantu dengan kedatangan para pemagang. Selain itu mereka merasa senang karena BUMN dapat bekerjasama dengan kampus. Harapannya kedua lembaga dapat memperluas dan memperbanyak sinergi kerjasama.

Secara umum baik Barata maupun Pelindo berharap agar UM membekali para mahasiswanya dengan beberapa keterampilan umum yang dibutuhkan dunia kerja saat ini, seperti desain grafis untuk pembuatan info grafis, kemudian teknik pengolahan data-data perusahaan, dan yang terpenting adalah kebiasaan sikap disiplin dalam keseharian.

Sebagai informasi tambahan untuk kesempatan program magang berserfitikat tahun 2019 gelombang II dapat diakses melalui laman: https://pmmb.fhcibumn.com/  bagi mahasiswa yang tertarik dapat mencermati informasinya untuk kemudian mendaftarkan diri. (Nc)

author