Transfer Kredit Program di Malaysia dan Thailand Untuk Mahasiswa FIP UM

Malang- Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) terus mendorong mahasiswanya untuk berkreasi dan berinovasi dalam menambah wawasan ilmunya tentang dunia luar, bahasa asing, budaya asing yang tentunya bisa diimprovisasikan dalam dunia pendidikan. Transfer Kredit Program BELMAWA Kemenristek Dikti kali ini yang pertama kali diikuti FIP UM, Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd sebagai Wakil Dekan III pada saat itu menyeleksi 23 mahasiswa yang memiliki skor TOEFL 450 keatas, bekerjasama dengan Hubungan Internasional disaring lagi menjadi 13 mahasiswa dan akhirnya mengusulkan 5 nama mahasiswa untuk mengikuti program ini, namun sebanyak 3 mahasiswa lolos seleksi dan danai BELMAWA Kemenristek Dikti.

Transfer Kredit Program ini yang ditunjuk sesuai MoU UM adalah University of Malaya Malaysia dan Prince of Songkla University Thailand (PSU).  Mahasiswa yang lolos di University of Malaya Malaysia adalah Nailul Muna Mardhiyyah Prodi/Jurusan PGPAUD/KSDP sedangkan Fabiola Irsalina Rahmadanti Jurusan TEP dan Ria Ambarwati Prodi/Jurusan PGSD/KSDP di Prince of Songkla University Thailand (PSU).

Dengan perjuangan yang cukup panjang akhirnya Nailul Muna Murdiyyah mengikuti program ini sejak 11 Pebruari 2019 di University of Malaya Malaysia, satu minggu disana Nailul beradaptasi dengan lingkungan baru, budaya dan bahasa. Menurut mahasiswa yang asli Kalimantan, Nailul  yang terkesan adalah sarana bersih dan jadwal perkulihan yang terjadwal rapi. Yang perlu dipersiapkan juga jika mengikuti program ini adalah tes kesehatan yang membutuhkan waktu 7 hari dan menjaga kondisi fisik karena lebih banyak jalan kaki, ungkapnya. Perkuliahan dimulai tanggal 18 Februari 2019.

Dekan beserta Wakil Dekan II dan beberapa dosen FIP UM mengadakan MoU sekalian monitoring dengan pihak University of Malaya Malaysia,  beliau sangat mengapresiasi dan memotivasi mahasiswa untuk menambah wawasanya di luar negeri, dan kedepan mahasiswa FIP banyak yang mengikuti program serupa.

Disusul Fabiola Irsalina Rahmadanti Jurusan TEP dan Ria Ambarwati Prodi/Jurusan PGSD/KSDP mengikuti program serupa berangkat tanggal 24 Februari 2019 di Prince of Songkla University Thailand (PSU), sebelum berangkat Dekan, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd dan Wakil Dekan III, Dr. Henny Indreswari, M.Pd berpesan kepada mahasiswa tersebut untuk mempelajari sebanyak-banyaknya ilmu yang didapat dari Prince of Songkla University Thailand, baik itu budaya dan pendidikan yang ada disana. (W@hyu)

 

author