Tingkatkan Produktivias Dosen, FIP UM Gelar Workshop Pengusulan HKI

Malang, 7 Maret 2019. Dalam upaya meningkatkan produktivitas dosen, kinerja fakultas dan pemeringkatan lembaga, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) melaksanakan kegiatan workshop penyusunan dan pengusulan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kegiatan dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 6-7 Maret 2019 bertempat di Swiss-Belinn Hotel Malang.

Sebanyak 41 dosen yang teridentifikasi menghasilkan luaran penelitian yang berpeluang untuk diusulkan HKInya diundang untuk diberikan pemahaman substantif dan teknis tentang pengusulan HKI. Beberapa karya dosen banyak diusulkan untuk diajukan adalah karya dari program Penelitian PNBP UM, PNBP fakultas dan Proram Hibah Inovasi Belajar IDB LP3 tahun 2018.

Dalam sambutannya, Dekan FIP UM Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd menjelaskan bahwa upaya untuk membangun budaya produktif para dosen akan terus didukung karena hal itu menyangkut kinerja dan citra lembaga di mata publik. FIP UM sementara ini masih menjadi pemegang rekor jumlah hak cipta terbanyak di lingkungan UM, dan akan terus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. Selain hak cipta, tahun ini mulai didorong untuk pengusulan hak paten dan jenis Hak Kekayaan Intelektual lainnya.

Para peserta mendapatkan bimbingan proses penyusunan draf usulan HKI dari Koordnator HKI FIP yakni Bapak Suryadi, S.Sn, M.Pd dan Staff LP2M yakni Ibu Prihatini Retnaningsih, S.E. Di samping itu para peserta mendapatkan edukasi lebih mendalam seputar HKI. Pemateri yang diundang yakni Bapak Dr. M. Alfian Mizar, Kepala Pusat PHIKA Universitas Negeri Malang. Dalam paparannya beliau menjelaskan peran dan fungsi akademisi dan peneliti dalam pengembangan IPTEKS dan Industri. Di samping itu beliau juga menjelaskan lebih rinci seputar hak Paten mulai dari jenis-jenis produk yang bisa diusulkan hak paten sampai teknis penyusunan draf usulan hak paten dan proses-proses pengiringnya. Para peserta terlihat antusias menyerap ilmu dan pengalaman yang disampaikan oleh pemateri.

Antusias para peserta dibuktikan dengan semangatnya membuat usulan, dan ada beberapa dosen yang mengusulkan lebih dari satu hak cipta. Jenis-jenis hak cipta yang banyak dihasilkan seperti buku bahan ajar, buku referensi, model pembelajaran, model evaluasi pembelajaran, dan lain-lain. Berdasarkan catatan cari panitia, sampai akhir kegiatan workshop telah terkumpul sebanyak 48 draf usulan HKI. Mudah-mudahan semua usulan dikabulkan.

Penulis : Nc, Eka
Pengambil Gambar & Editor : Gofur & Gandhi

 

 

author