Seminar Implementasi SPM Perguruan Tinggi

2 1

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, pada tanggal 23 Oktober 2015, bertempat LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kerjasama untuk melakukan seminar bersama tentang Implementasi Sistem Penjamnian Mutu Perguruan Tinggi. Seminar ini penting dilakukan karena masing-masing FIP UM dan UNY ingin menyamakan persepsi tentang pelaksanaan sistem penjaminan mutu di masing-masing kedua lembaga tersesebut. Seminar di buka oleh Sekretaris LPPMP UNY, Prof. Dr. Suwarno, dalam sambutannya mengatakan, Sistem penjaminan mutu perguruan tinggi merupakan sistem  yang dibangun    dalam rangka mencapai/melampaui standar nasional pendidikan dan menjamin mutu Perguruan Tinggi Indonesia secara berkelanjutan.  Penjaminan mutu pendidikan wajib dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan      baik  formal maupun informal . Dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Pemerintah/DIKTI memberikan otonomi seluas-luasnya kepada Perguruan Tinggi untuk mengembangkan sistem  penjaminan mutu sesuai dengan kondisi, budaya, kemampuan dan cita-cita PT.  Hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan  keingingan/kebutuhan akan kegiatan sistemik penjaminan mutu   oleh dan dari dalam perguruan tinggi sendiri, dalam rangka  mewujudkan peningkatan mutu yang berkelanjutan

Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi berkembang seiring dengan perkembangan  IPTEK dan tuntutan dunia pendidikan yang semakin kompetitif.   Selain itu faktor efisiensi dan efektifitas serta integritas pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu PT menjadi penting, sehingga  komponen ideal Sistem Penjaminan Mutu PT kedepan terdiri dari:  Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) sebagai   akuntabilitas    vertikal,               Sistem Penjaminan  Mutu  Internal  (SPMI)     sebagai   akuntabilitas    internal-horizontal, Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) sebagai akuntabilitas eksternal-horizontal.

Dalam seminar tersebut menampilkan 2 (dua) nara sumber yaitu Dr. Sudiyanto, ME, Ketua SPM UNY, dan Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd.  Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dr.Sudiyanto, ME dalam kesempatan tersebut mengatakan, Penjaminan mutu yang dilakukan LPPMP salah satunya dapat dilihat dari penentuan standar kualifikasi pelaksanaan perkuliahan setiap harinya. Ada angket yang selalu diberikan dosen ke mahasiswa di awal dan di akhir kuliah untuk mengawasi pelaksanaan perkuliahan. Pelaksanaan perkuliahan menjadi komponen penilaian penting mengenai standar mutu yang diberlakukan UNY. “Bisa juga besok kemungkinan dengan online, jadi semisal 3 sampai 4 kali dosen tidak masuk kelas, mahasiswa bisa langsung mengisi angket secara online mengenai ketidakpuasan pelaksanaan perkuliahan. Ada juga untuk mencari kelas dengan online, jadi tidak ada alasan lagi tidak melaksanakan perkuliahan karena kekurangan ruang kuliah. Dr. Sudiyanto juga menjelaskan program yang dilaksankan oleh LPPMP UNY antara lain, Internalisasi pemahaman sistem penjaminan mutu internal bagi setiap personal di setiap unit kerja di universitas; Peningkatan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal di setiap unit kerja di universitas, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi; Penyesuaian standar mutu dan manual standar mutu yang akan digunakan oleh semua unit kerja sejalan dengan pembaharuan program strategis di tingkat universitas, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi; Monitoring dan evaluasi implementasi standar mutu pada tingkat universitas, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi; Audit implementasi standar mutu pada setiap unit kerja di lingkungan universitas, baik  fakultas, Program Pascasarjana, lembaga, maupun unit kerja di bawahnya, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi; dan Pengembangan standar mutu pada setiap unit kerja secara berkelanjutan, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi.

Seminar diikuti oleh 40 orang dosen dari UNY maupun dari FIP UM yang dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I, Dr. Hardika, M.Pd. Tujuan dari penyelenggaraan seminar adalah Sosialisasi Perkembangan Kebijakan Nasional dan Implementasi SPMI di PT Indonesia, dan Sharing strategi (best practices)  implementasi SPMI-PT. Adapun sasaran seminar adalah, manajemen pengelolaan Universitas, Fakultas dan jurusan/prodi, Pengelola Penjaminan Mutu PT, Dosen, dan mahasiswa. (Mt.)

author