S2 Pendidikan Khusus

Rasional Program

Pengembangan Prodi Magister Pendidikan Khusus mengacu pada rencana strategis nasional pengembangan perguruan tinggi. Berdasarkan Renstra Universitas Negeri Malang (UM) 2015-2019, pencapaian target program pendidikan tinggi dilakukan melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut. 1) Penyediaan layanan akademik program studi; 2) Penyediaan layanan kelembagaan; 3) Penyediaan dosen dan tenaga kependidikan bermutu; 4) Pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan 5) Dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya pendidikan tinggi. Program pendidikan tinggi pada Renstra Universitas Negeri Malang (UM) 2015-2019 adalah untuk mendukung tujuan tersedia dan terjangkaunya layanan pendidikan tinggi bermutu, relevan, dan berdaya saing internasional. Program Studi Magister Pendidikan Khusus Pascasarjana UM dikembangkan dengan harapan dapat melayani kebutuhan pendidikan lanjut bagi sarjana Pendidikan Khusus dan rumpunnya. Sebagaimana diketahui,  kebutuhan peneliti, akademisi, perekayasa, dan ahli Bidang Pendidikan Khusus semakin tinggi seiring dengan perkembangan dan kesadaan Bangsa Indonesia akan pentingnya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

Pengembangan Prodi Magister Pendidikan Khusus sejalan dengan semangat UM sebagai The Learning University.The Learning University memiliki dua makna: (1) sebagai learning organization dan (2) sebagai learning resources. Sebagai learning organization, sistem organisasi UM mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas bersama, sehingga sistem organisasi UM dan unsur-unsurnya berfungsi sebagai organisme belajar yang terus menerus belajar atau dapat membelajarkan satu sama lain. Selain memiliki dua makna tersebut, UM diharapkan menjadi bangunan kelembagaan yang kokoh yang terus-menerus berwawasan masa depan.  Selanjutnya, sebagai learning resources, UM memiliki jati diri perspektif ruang maupun cara pikir yang bersifat terbuka “open space, open mind” sebagai sumber belajar, inspirator pembelajaran, dan institusi yang produktif dinamis. Pengembangan Prodi Magister S2 Pendidikan Khusus merupakan salah satu langkah meningkatkan learning organization dan learning resource UM di bidang Pendidikan Khusus.Pendidikan Khusus telah berkembang dan merambah dalam berbagai bidang.Oleh karena itu, lulusan Prodi Magister Pendidikan Khusus harus mampu menguasai dan mengembangkan ilmu Pendidikan Khusus serta penerapannya.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Khusus yang Unggul dan Menjadi Rujukan dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Bidang Pendidikan Khusus di Asia Tenggara tahun 2028.

Misi

Misi yang dikembangkan Prodi S2 Pendidikan Khusus adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Khusus dan penerapannya yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pendidikan Khusus dan penerapannya yang bermanfaat bagi pengembangan Pendidikan Khusus dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui Pendidikan Khusus dan penerapannya yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tatapamong program studi magister Pendidikan Khusus yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Tujuan Program

Tujuan penyelenggaraan Program Studi S2 Pendidikan Khusus adalah untuk :

  1. Menghasilkan lulusan magister Pendidikan Khusus yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam Pendidikan Khusus dan penerapannya.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Khusus dan penerapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja program studi magisterPendidikan Khusus yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Khusus diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Menjadi pendidik yang professional, bertindak dan berpikir arif dalam bidang pendidikan khusus.
  2. Melakukan penelitian dan memecahkan masalah pembelajaran dalam bidang pendidikan khusus.
  3. Menganalisis dan mengembangkan potensi keilmuan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat.