FIP UM Selenggarakan Seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian Dosen

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang, Rabu dan Kamis (5-6 April 2017) melaksanakan kegiatan seminar proposal penelitian dan pengabdian masyarakat  tahun 2017. Sebanyak 154 Proposal, yang terdiri dari 84 proposal penelitian dan 70 proposal pengabdian masyarakat usulan dosen dari berbagai Jurusan di lingkungan FIP UM di diseminarkan dihadapan tim reviewer. Jumlah 84 proposal penelitian tersebut secara rinci terdiri dari, Jurusan Bimbingan Konseling 13 proposal; Jurusan TEP sebanyak 11 proposal; Jurusan Administrasi Pendidikan sebanyak 9 proposal; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah sebanyak 9 proposal; Jurusan PGSD sebanyak 26 proposal; Jurusan PAUD 12 proposal; dan Jurusan Pendidikan Luar Biasa 4 proposal. Sedangkan jumlah proposal pengabdian masyarakat berjumlah 70 proposal, terdiri dari: Jurusan Bimbingan Konseling sebanyak 13 proposal; Jurusan TEP 4 proposal; Jurusan Administrasi Pendidikan 10 proposal; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah 9 proposal; Jurusan PGSD 22 proposal; Jurusan PAUD 7 proposal; dan Pendidikan Luar Biasa 4 proposal.

Menurut Dekan FIP UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd,  mengatakan, “Tahun 2017 ini semakin meningkat minat dosen untuk mengajukan proposal penelitian dan pengabdian. Kegiatan seminar proposal ini untuk mewadahi kegiatan dosen FIP dalam mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, yakni dosen selain mengajar, diwajibkan juga melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat.  Selain itu juga untuk meningkatnya jumlah publikasi ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal Internasional”. Selain itu juga menurut Dekan, meningkatnya jumlah perolehan HKI yang berasal dari hasil penelitian dan pengandian masyarakat, serta terjadinya sinergi antara jurusan, fakultas dan universitas dalam penyelenggaraan penelitian”, ujar Dekan.

Kegiatan seminar proposal yang berlangsung selama 2 (dua) hari bertempat di Aula FIP UM berjalan sangat antusias oleh dosen dalam mempresentasikan proposalnya dihadapan tim reviewer masing-masing peserta. Masing-masing dosen pengusul proposal memperesentasikan dihadapan 2 (dua) orang reviewer. (*)

IMG_0004 IMG_0006 IMG_0007 IMG_0009

author