Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran (TEP)

Malang, 14/05/2019. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang melaksanakan rapat jurusan dalam rangka mempersiapkan proses pengajuan akreditasi Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran. Rapat dilaksanakan pada hari Selasa 14 Mei 2019, bertempat diruang dosen TEP jam 16.00-19.00 WIB. Masa berlaku akreditasi S2 TEP akan habis pada bulan 7 November 2020. Dalam rangka menyiapkan borang yang unggul, jurusan berkomitmen untuk menyiapkan borang dari jauh-jauh hari. Hal itu disebabkan dengan adanya kebijakan untuk menggunakan instrumen yang baru yakni Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 yang berbeda dengan instrumen APS 3.0. Dengan demikian tim penyusun borang harus mempelajari instrumen sebelum menyusun borangnya.

Kegiatan rapat koordinasi dihadiri oleh pimpinan jurusan, para dosen, tendik dan tim penyusun data borang dari unsur mahasiswa S2. Adapun narasumber yang diundang untuk  menjelaskan seputar IAPS 4.0 yakni salah satu asesor BAN PT yang ada di lingkungan UM yakni Dr. Hj. Endang Sri Andayani, M.Si. Dalam pemaparannya narasumber menyampaikan seluk beluk dan indikator penilaian borang akreditasi program studi mulai dari pengenalan instrumen, komponen instrumen, indikator pengukuran kinerja dan evaluasi diri program studi.

Beberapa hal yang mendasar untuk ditindaklanjuti dari hasil pertemuan diantaranya; data kerja sama unit pengelola disertai bukti kerjasama, data mahasiswa asing yang terdaftar di unit pengelola baik mahasiswa program gelar maupun non gelar, data kinerja dosen seperti produktivitas penelitian, pengabdian, publikasi internasional bereputasi, kepemilikan paten, hak cipta, dan luaran lainnya, serta data umpan balik dari mahasiswa, alumni, pengguna alumni, mitra program, yang terkait dengan data kepuasan layanan program serta kualitas kinerja lulusan di tempat kerjanya.

Sebagai tindak lanjut lainnya, jurusan telah membentuk tim penyusun borang dari kalangan dosen yang disupport dari unsur mahasiswa baik dari program S2 maupun S3. Karena masa akreditasi S3 juga berdekatan yakni tanggal 31 Oktober 2020. Selain itu jurusan bersegera merancang timeline kegiatan terhitung mundur dari batas waktu unggah borang (6 bulan sebelum habis masa aktifnya).

Setelah selesai acara pemaparan materu seputar IAPS 4.0, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Setelah selesai rapat, agenda dilanjutkan dengan buka puasa bersama keluarga besar Jurusan Teknologi Pendidikan. Selanjutnya para dosen yang tidak berhalangan, diundang untuk mengikuti kegiatan tarawih bersama di fakultas. Nc

author