PG PAUD KSDP FIP UM

Program Studi S1 PG PAUD

Visi

Terwujudnya program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini (PG PAUD) yang memiliki keunggulan kompetitif, profesional, dan komparatif serta sebagai rujukan Tridharma Perguruan Tinggi di  bidang pendidikan anak usia dini berdasarkan nilai sosial budaya, kemanusiaan, dan religius.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini berbasis nilai soial budaya, kemanusiaan, dan religius
  2. Melaksanakan penelitian di bidang keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan

Untuk menghasilkan pendidik, pengelola, dan edutainer di bidang Pendidikan Anak Usia Dini berkualifikasi sarjana (S1) yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan kebangsaan serta profesional.

Konteks Kerja Lulusan

Lulusan program studi PG PAUD mempunyai kewenangan dan dapat bekerja sebagai tenaga pendidik pada lembaga PAUD, pengelola lembaga PAUD, serta sebagai edutainer di bidang PAUD.

Struktur Program/Kurikulum

Struktur kurikulum mahasiswa tahun angkatan 2015 mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang terdiri dari lima komponen, yaitu: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (8 sks), Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (77 sks), MatakuliahKeahlianBerkaraya (38 sks), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (20 sks), Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (8 sks). Jumlah keseluruhan SKS yang harus ditempuh mahasiswaselama 8 semester sebanyak 151 sks. Adapununtukmahasiswatahunangkatan 2014, 2013, 2012 dstmengikutikurikulumsebelumdiberlakukannyakurikulum PG PAUD berbasis KKNI tahun 2015.

Elijibilitas

Jurusan KSDP di FIP UM resmi dan sah (eligible) berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi nomor 143/DIKTI/Kep/2000 tanggal 12 Mei 2000 tentang Jenis dan Jumlah Jurusan pada fakultas fakultas di lingkungan Universitas Negeri Malang.

Prodi S-1 PG PAUD pada awal berdirinya berstatus ijin operasional berdasarkan Surat Ditjen Dikti nomor 2194/D2.2/2007tentang Pertimbangan Pembukaan Program Studi PG PAUD (S1) pada Universitas Negeri Malang. Seiring dengan ketentuan perundangan yang menyatakan bahwa setiap program studi di lingkungan perguruan tinggi harus memiliki pengakuan yang legitimed, maka mulai tahun 2011, Program Studi S1 PG PAUD sesuai keputusan BAN PT Nomor 039 tahun 2011 memperoleh Akreditasi kategori B yang berlaku hingga tahun 2016. Untuk tahun berikutnya Prodi S1 PG PAUD sedang mempersiapkan diri untuk Akreditasi baru periode 2016-2020.