Select Page

Nasrudin, Ali

Berdasarkan observasi diketahui bahwa pembelajaran muatan Bahasa Indonesia pada teks cerita petualangan kelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang masih menggunakan metode ceramah serta penugasan menulis secara otodidak. Hal ini berdampak pada 54,7% siswa memperoleh hasil belajar nilai kurang dari KKM yang ditentukan, yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan teknik rumpang pada teks cerita petualangan; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita petualangan menggunakan teknik rumpang.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik rumpang dapat meningkatkan pembelajaran muatan Bahasa Indonesia pada materi teks cerita petualangan siswa kelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang. Hasil keterampilan menulis siswa dari siklus I ke siklus II meningkat karena pembelajaran menggunakan teknik rumpang dilaksanakan secara urut dan sistematis sesuai dengan langkah-langkah penerapan teknik rumpang pada teks cerita petualangan. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil teks cerita petualangan siswa pada pra tindakan tindakan nilainya 63,69, siklus I 69,64, dan pada siklus II 74,05. Ketuntasan belajar pada pra tindakan 45,2%, siklus I 57,1%, dan siklus II 76,2%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik rumpang dapat meningkatkan pembelajaran muatan Bahasa Indonesia kelas IV SDN Arjowinangun 1 kota Malang pada materi keterampilan menulis teks cerita petualangan. Saran yang bisa diberikan berdasarkan penelitiansebagai berikut: (1) siswa diharapkan memperkaya perbendaharaan kata melalui membaca untuk menunjang hasil tulisan; (2) bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan guru dalam aspek keterampilan menulis pada teks cerita petualangan; (3) dalam menerapkan pembelajaran menggunakan teknik rumpang sebaiknya guru dapat memperhatikan pengelolaan kelas yang baik, sehingga pembelajaran tidak membosankan.

Kata Kunci: Menulis, Teks Cerita Petualang, Teknik Rumpang

Translate »