Select Page

Fahriany, Rizky Hesti

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas I SDN 2 Pelem ditemukan beberapa hambatan dan permasalahan dalam melaksanakan pembelajaran antara lain: (1) siswa cenderung mengalami kesulitan berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan lancar, (2) siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran karena pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru, (3) siswa tidak berani berbicara di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan peningkatan keterampilan menjelaskan gambar sederhana melalui model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas I SDN Pelem Kabupaten Tulungagung melalui model Picture and Picture.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi berbicara diperoleh persentase hasil belajar siswa meningkat dari tahap pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I pertemuan I aktivitas guru memperoleh 93% dan pertemuan II memperoleh 95%. Sedangkan aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 48% dan pertemuan II memperoleh 69%. Pada siklus II pertemuan I memperoleh 98% dan pertemuan II memperoleh 100%. Untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh 31% dan pertemuan II memperoleh 62%. Pada siklus II petemuan I memperoleh 90% pada pertemuan II memperoleh 100%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menjelaskan gambar sederhana dalam pelajaran bahasa Indonesia materi berbicara. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada pembelajaran bahasa Indonesia supaya dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SDN Pelem Kabupaten Tulungagung.

Kata Kunci : Peningkatan, Keterampilan Menjelaskan Gambar, Model Picture and Picture

Translate »