Select Page

Agustyarini, Tutut

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN 3 Dono ditemukan beberapa permasalahan, di antaranya siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan pokok-pokok persoalan tentang persoalan faktual yang dibacakan oleh guru, memberikan alasan logis terhadap persoalan faktual, dan membuat contoh persoalan faktual. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan belum mencapai ketuntasan yang ditentukan secara klasikal yaitu sebesar 33,33% dari 15 siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 3 Dono Kabupaten Tulungagung dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 3 Dono Kabupaten Tulungagung melalui model pembelajaran STAD.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes lisan, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi dan pedoman tes lisan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada tahap pratindakan adalah 71,13 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 33,33% dengan kriteria sangat kurang. Pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran STAD dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 46,67% dengan kriteria sangat kurang. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sudah meningkat dibandingkan pada siklus I yaitu 81 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan intonasi suara, pemilihan kata, penggunaan tata bahasa, penyampaian tanggapan dan keterbukaan. Dengan demikian, guru disarankan menggunakan model pembelajaran STAD terutama pada materi mengomentari persoalan faktual agar keterampilan berbicara siswa dapat meningkat.

Kata kunci : peningkatan, keterampilan berbicara, model stad

Translate »