Select Page

Prasetyo, Dimas Agung

Dari observasi analisis hasil tes menulis puisi di SDN Bumiayu 04 pada tahun 2016. Ditemukan bahwa: 1) kandungan isi yang tertuang di dalam bait demi bait kurang sesuai dengan judul, dan 2) pilahan kata dalam menulis puisi kurang sesuai dengan situasi, sehingga puisi kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media kartu larik untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Bumiayu 04 kota Malang, dan mendiskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis puisi melalui pemanfaatan kartu larik pada siswa kelas V SDN Bumiayu kota Malang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SDN Bumiayu 04 kota Malang. Instrument penelitin ini meliputi lembar wawancara, lembar observasi, lembar aktivitas siswa, dan lembar hasil puisi. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan II siklus, siklus I dua pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan, dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan melalui pemanfaatan kartu larik dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa diantaranya: dapat meningkatkan pemahaman pada unsur-unsur puisi yang terkandung dalam lima aspek yang dinilai, tahapan-tahapan penulisan puisi dengan mengurai/memenggal menjadi bagian-bagian laik sebuah puisi dan juga menentukan larikan puisi yang tepat dimana letak larikan puisi tersebut berada.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan guru dalam muatan bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis puisi. Bagi guru atau peneliti yang akan menerapkan media kartu larik, penerapan kartu larik harus mempertimbangkan pengelolaan kelas yang baik serta penempatan guru dalam menerapkan kartu larik sebagai fasilitator dan membimbing siswa dalam mengerjakan penulisan puisi. karena kartu larik merupakan bentuk media, sehingga guru dapat memberikan penyegaran pada pembelajaran.

Kata kunci: Keterampilan menulis, puisi, kartu larik.

Translate »