Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Keping Kata Bergambar Pada Siswa Tunarungu Kelas II Di SDLB Negeri Jombatan 7 Jombang

Intikasari, Suhardini

Tunarungu adalah seseorang yang mengalami gangguan dalam pendengaran. Sesuai dengan kompetensi dasar menulis siswa kelas II Tunarungu di SDLB diharapkan sudah mampu membuat kalimat sederhana dengan baik dan benar secara lisan ataupun ptulis. Namun keterbatasan anak tunarungu di SDLB Jombatan 7 Jombang dalam berkomunikasi mengalami kesulitan dalam membuat kalimat sederhana yang benar terutama dengan bentuk tulisan. Jika diminta untuk membuat kalimat sederhana siswa sering terbolak-balik sehingga tidak sesuai dengan pola kalimat sederhana.
Tujuan dari penelitian ini mendiskripsikan penggunaan media keping kata bergambar dalam meningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas II di SDLB Negeri Jombatan 7 Jombang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media keping kata bergambar pada siswa tunarungu kelaps II di SDLB Negeri Jombatan 7 Jombang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II Tunarungu SDLB Jombatan 7 Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar siswa.
Hasil observasi ini menunjukkan bahwa pada pratindakan ketuntasan klasikal hanya 40% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di siklus I sudah menggunakan media sehingga ketuntasan meningkat sebesar 60%. Pada siklus II kemampuan siswa mengalami peningkatan 80% sesuai dengan ketuntasan yang ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media keping kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana. Disarankan untuk guru kelas II tunarungu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif, kreatif, menarik, komunikatif dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di kelas untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kata Kunci: Tunarungu, kemampuan menulis kalimat sederhana, media keping kata bergambar

author