Select Page

Riyantika, Al Aliyyu

Pembelajaran di SDN Kalirejo 1 Lawang masih menggunakan kurukulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru mendominasi pembelajaran dengan ceramah dan siswa hanya melakukan kegiatan membaca, mendengarkan, dan menulis, tanpa aktif melakukan kegiatan lain untuk memperoleh pengetahuan. Hal tersebut ditemukan saat siswa membuat karangan tidak sesuai dengan apa yang dilihat dan apa yang diamati. Masih ditemukan beberapa kesalahan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca. Hal ini menyebabkan siswa bosan dengan pembelajaran.

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model Picture and Picture dalam upaya peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Kalirejo 1 Lawang Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Kemudian apakah penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Kalirejo 1 Lawang Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perbaikan rencana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pada materi karangan deskripsi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kalirejo 1 yang berjumlah 37 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menulis karangan pada pratindakan dengan rata-rata nilai 61,5. Setelah diberi tindakan menulis karangan deskripsi menggunakan model Picture and Picturemeningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 71,7 dan kembali meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 87,9.

Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa pada pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi di kelas IV SDN Kalirejo 1 Lawang sudah diterapkan dengan 7 langkah pembelajaran secara utuh dan sistematis yang terdiri dari: Penyampaian Kompetensi, Presentasi Materi, Penyajian gambar, Pemasangan Gambar, Penjajakan, Penyajian Kompetensi, dan Penutup. Penerapan model pembelajaran Picture and Picturejuga terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Kalirejo 1 Lawang. Rekapitulasi nilai dari pratindakan rata-rata nilai 61,5 meningkat pada siklus I menjadi 71,7 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 87,9. Saran yang dapat diberikan dari peneliti yaitu diharapkan banyak memberikan pancingan-pancingan yang membuat siswa banyak bertanya berkaitan dengan materi yang dipelajari, karena dengan banyak bertanya siswa akan banyak tahu dan membuat mereka lebih aktif dalam pembelajaran.Penggunaan media dalam pembelajaran dapat dibuat lebih menarik dalam bentuk audio visual. Model pembelajaran ini juga dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran dan mata pelajaran yang lain.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Picture and Picture

Translate »