Select Page

Metyaventin, Agnes

Pembelajaran bahasa Indonesia aspek membaca permulaan merupakan alat bagi siswa untuk mengetahui isi dari mata pelajaran yang dipelajarinya di sekolah. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih ditemui siswa belum dapat membaca dengan lancar, dan saat pembelajaran konsentrasinya mudah terganggu. Selain itu penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek membaca masih terbatas.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan produk media kubus huruf yang valid menurut ahli media, ahli materi dan ahli pengguna. (2) menguji kelayakan produk media kubus huruf yang efektif diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi kebersihan untuk siswa kelas 1 SD semester II.

Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian pengembangan merujuk dari Borg dan Gall yang harus divalidasi terlebih dahulu oleh para ahli untuk mengetahui tingkat kevalidan produk yang dikembangkan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 1 Jingglong Ponorogo sejumlah 24 siswa. Tahap penelitian ini (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perancangan dan pembuatan produk awal, (3) Validasi ahli, (4) revisi hasil validasi, (5) uji coba produk, (6) revisi akhir hasil uji coba.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa media kubus huruf yang terbuat dari kayu Sengon dengan ukuran 4cm x 4cm x 4cm dengan jumlah 60 kubus, satu kubus huruf terdiri dari 6 sisi dengan warna dan huruf yang berbeda-beda disetiap sisinya. Berdasarkan hasil validasi para ahli diperoleh data presentase tingkat kelayakan: (1) ahli media pertama 93% layak, (2) ahli media kedua 84% layak, (3) ahli materi pertama 87,5% layak, (4) ahli materi kedua 93,75% layak, (5) ahli pengguna 96,67% layak. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala terbatas diperoleh data sebagai berikut (1) Keamanan 100%, (2) Kemudahan 89,77%, (3) Kesenangan 100%, (4) Aspek perkembangan bahasa 96,46%, (5) Tingkat Keefektifan 92,73%. Berdasarkan data yang telah diperoleh di atas, produk media kubus huruf ini dapat digunakan tanpa revisi sebagai salah satu alternatif alat pembelajaran bahasa Indonesia pada materi kebersihan untuk siswa kelas 1 SD.

Saran yang dapat diberikan antara lain: (1) saran pemanfaatan, dalam memanfaatkannya perlu mempertimbangkan usia, dan tingkat perkembangan siswa, (2) saran diseminasi, sebelum disebarluaskan sebaiknya produk media pembelajaran ini di evaluasi dan diuji coba kembali dalam skala yang lebih luas, (3) saran pengembangan lebih lanjut, dapat dilakukan pada subjek yang lebih luas.

Kata Kunci: pengembangan, media kubus huruf, pembelajaran bahasa Indonesia, membaca permulaan, SD.

Translate »