Pengembangan Buku Panduan Tata Rias Pantomim Bergambar untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunarungu di SMALB EKA MANDIRI BATU

Intan P., Tri Hardiyanti

Pada penggunaan media pembelajaran terhadap pengembangan buku panduan tata rias pantomim bergambar untuk meningkatkan kemandirian anak tunarungu dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk memperoleh pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran keterampilan tata rias pantomim, jenis pembelajaran yang diberikan adalah jenis keterampilan kerja praktis dan tidak harus terikat dengan legalitas formal akademis, mudah dilakukan dan berorientasi kerja. Tujuan dari penelitian pengembangan penelitian adalah untuk menyusun pengembangan buku panduan tata rias pantomim bergambar.
Pengembangan Buku Panduan Tata Rias Pantomim Bergambar merupakan salah satu media yang berbentuk buku yang terdiri dari lembaran art paper. Selain itu dapat membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri sehingga dapat menemukan pengalaman-pengalaman yang memberikan kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya.
Penelitian dan pengembangana ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif, dasar rancangan pengembangan untuk menganalisis hasil dan uji coba produk yang dilakukan meliputi : pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, dan uji coba kelompok kecil.
Hasil validasi “pengembangan buku panduan tata rias pantomim bergambar untuk meningkatkan kemandirian anak tunarungu di SMALB EKA MANDIRI BATU” secara umum dinyatakan layak atau valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan tata rias dan sesuai dengan harapan pada perencanaan pngembangan media. Produk diuji cobakan kepada ahli media, ahli materi, ahli praktisi dan siswa dengan spesifikasi produk: menggunakan jenis art paper ukuran A4, berat kertas150gr dan 260gr, menggunakan 3 perpaduan warna dasar : hitam, putih, abu-abu.

Kata Kunci : buku panduan bergambar, pantomim, kemandirian, tunarungu, SMALB

author