Select Page

Dwi Cahyono, Sukamti, Sri Harmini

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan pembelajaran CD interaktif yang layak menurut ahli materi, ahli media, ahli lapangan dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan bahan pembelajaran CD interaktif menunjukkan bahwa berdasarkan evaluasi ahli materi diperoleh persentase 75%, dinyatakan layak dan dapat digunakan dengan revisi. Dari evaluasi ahli media diperoleh persentase 92,85%, sangat layak digunakan. Dari evaluasi ahli lapangan (guru) diperoleh presentase 83,33%, dinyatakan layak digunakan. Dari uji coba perseorangan pada siswa diperoleh persentase 81,25%. Uji coba kelompok kecil pada siswa diperoleh persentase 85,83%. Uji coba lapangan pada siswa diperoleh persentase 87,22%. Efektifitas pengembangan bahan pembelajaran CD intraktif telah dilakukan dengan metode tes dengan mendapat nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 78,66 dan rata-rata nilai posttest yaitu 92,66. Kemudian dilakukan penghitungan uji t secara manual sehingga diperoleh hasil t hitung 7,36. Hasilnya 7,36 > 2,14 (t hitung > t tabel), dengan demikian Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan CD interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: pengembangan, bahan pembelajaran, CD interaktif , Sekolah Dasar

Translate »