Pendidikan Luar Biasa

S1 PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sejarah

Fakultas Ilmu Pendidikan berdiri tahun 1957. Pada saat berdiri bernama Jurusan Ilmu Pendidikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (JIP-PTPG) Malang dengan Program Sarjana Muda Pendidikan. Tahun 1962 Jurusan ini membuka Program Sarjana dengan lama pendidikan lima tahun. Pada tanggal 20 Mei 1963 Jurusan Ilmu Pendidikan menjadi salah satu dari empat fakultas di lingkungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (IKIP MALANG) dengan nama Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Nama IKIP MALANG merupakan perubahan dari PTPG yang pada tahun 1958 menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga. Sejak 4 Agustus 1999 berdasarkan surat keputusan Presiden fungsi IKIP MALANG diperluas, sehingga namanya menjadi Universitas Negeri Malang (UM) dan FIP tetap merupakan salah satu fakultasnya.

Dekan yang pernah menjabat di Fakultas Ilmu Pendidikan adalah Idrak Yasin, M.A. (1957-1963), F. Patty, M.A. (1963-1969), Drs. Syamsul Arifin (1970-1972), Drs. Kasmiran Woeryo, M.A. (1973-1975), Markus Pigawahi, M. Sc. (1975-1976), Syamsul Arifin (1977-1981), Dr. Munandir (1976-1977), Drs. Piet A. Sahertian (1981-1987), Drs. E.Y. Indung A. Saleh (1988-1990), Dr. Willem Mantja, M.Pd (1990-1993), Ibrahim, M. Sc. (1993-1997), Drs. H.M. Saleh Marzuki, M.Ed. (1997-1999), H. Ibrahim, M. Sc. (1999-2003), Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd (2003-2008), Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd (2008-2012) dan Prof.Dr. Supriyono, M.Pd (2012-2014), dan Prof. Dr. H.Bambang Budi W, M.Pd (2014-sekarang).

Pada tahun 1973 Fakultas Ilmu Pendidikan mengubah sistem perkuliahan dari sistem paket menjadi Sistem Kredit Semester. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan membentuk beberapa jurusan yang masing-masing berfungsi mengembangkan disiplin-disiplin ilmu pendidikan dan mengelola penyelenggaraan program-program studi.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi UM adalah menjadi perguruan tinggi unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. Berdasarkan visi UM tersebut, FIP mencanangkan visi menjadi fakultas unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang keilmuan pendidikan dan kependidikan. Terkait dengan visi tersebut FIP UM, merumuskan misi yang dioperasionalkan dalam lima program pengembangan, yaitu (1) program penyediaan layanan akademik program studi, (2) program penyediaan dosen dan tenaga kependidikan bermutu, (3) program pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, (4) program penyediaan layanan kelembagaan, dan (5) program dukungan menajemen dan pelaksanaan tugas teknis.

Melalui misi tersebut di atas diharapkan Fakultas Ilmu Pendidikan mampu menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan, serta tenaga non kependidikan yang berdedikasi dan berkompetensi professional pada bidang tugasnya. Tenaga pendidik dengan jabatan guru mencakup guru sekolah dasar, guru TK/PAUD, guru Bimbingan Konseling (BK) dan guru Pendidikan Luar Biasa. Tenaga kependidikan dengan jabatan non guru mencakup: tutor, instruktur, pendidik PAUD, atau jabatan pendidik dan tenaga kependidikan dengan sebutan lainnya. Tenaga kependidikan non guru mencakup teknisi pusat sumber belajar, pengelola pendidikan, administrator pendidikan, supervisor pendidikan, serta pendidik dan tenaga kependidikan pada jalur pendidikan nonformal dan informal.

Dalam usaha menunaikan misi tersebut, maka Fakultas IImu Pendidikan menyelenggarakan program-program pendidikan yang bergelar Sarjana (S-1) Kependidikan dan Non Kependidikan, program pendidikan profesi, program kursus dan pelatihan.

INFORMASI AKADEMIK

 

Jenis Program Studi

Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki enam jurusan, yaitu: Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK), Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP), Jurusan Administrasi Pendidikan (AP), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), dan Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) dan jurusan pendidikan luar biasa (PLB).

Jurusan BK membina program studi S-1 Bimbingan dan Konseling. Jurusan Teknologi Pendidikan membina program studi S-1 Teknologi Pendidikan. Jurusan Administrasi Pendidikan membina program studi S-1 Administrasi Pendidikan. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah membina program studi S-1 Pendidikan Luar Sekolah. Jurusan KSDP membina dua program studi, yaitu Program Studi S-1 PGSD, Program Studi S-1 dan Pendidikan Guru PAUD.

Struktur Kurikulum

Beban studi mahasiswa sesuai dengan jenjang program studi yang ditempuh. Beban studi program studi jenjang S-1 berkisar antara 144–160 sks. Struktur kurikulum ini berlaku bagi mahasiswa angkatan 2012 , untuk mahasiswa angkatan sebelumnya berlaku struktur kurikulum sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada angkatannya. Secara rinci beban masing-masing program studi tergambar pada Tabel 1.

Beban studi mahasiswa untuk kurikulum baru (2012) terdiri atas kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) sebanyak 10 sks, kelompok Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan I (MKK1) 10 sks, kelompok Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan 2 (MKK 2), Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 120 – 130 sks untuk jenjang S1. Termasuk ke dalam kelompok MKK2 adalah sejumlah matakuliah fakulter FIP, yaitu matakuliah yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi khas mahasiswa lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Matakuliah fakulter wajib ditempuh oleh semua mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM yang mengambil program studi kelompok keilmuan pendidikan, yaitu program studi TEP, BK, AP, PLS, PGPAUD, PLB, dan PGSD.

Nama dan sebaran matakuliah pengembangan kepribadian (MPK) untuk semua mahasiswa FIP tergambar pada Tabel 2. Nama dan Sebaran Sajian Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan I (MKK1) tergambar pada Tabel 3, Nama kelompok matakuliah fakulter FIP UM tergambar pada tabel 4. Sedangkan nama dan sebaran matakuliah MKK2 (kecuali kelompok matakuliah fakulter), MKB, MPB, dan MBB beserta deskripsinya tergambar pada struktur kurikulum masing-masing program studi.