Momentum Nuzulul Qur’an 1440 H Jadikan Ibrah dan Pengamalan

MOMENTUM NUZULUL QUR’AN 1440 H JADIKAN IBRAH DAN PENGAMALAN  

 

            Malang-  Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang bersama civitas akademika mentadaburi momentum Nuzulul Qur’an untuk memahami dan mengambil ibrah serta mengamalkan hukum-hukum didalamnya yang terbingkai apik dalam sebuah acara peringantan Nuzulul Qur’an. Acara tersebut digelar pada Selasa, 21 Mei 2019 di Aula FIP UM. Dalam acara tersebut Wakil Dekan I, Dr. Adi Atmoko, M.Si mewakili Dekan FIP dalam sambutannya beliau berpesan marilah momentum ini sama-sama belajar mengambil ibrah dari tausiah Ustad dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, alangkah indahnya hidup dinaungi Al-Qur’an dan acara yang dibalut silaturrohmi diharapkan tiap tahun terus dilaksanakan.

Hadir sebagai Penceramah adalah Ahli Tasawuf sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al Mawwadah Bululawang Kabupaten Malang , yakni K.H. Dr. Dahlan Tamrin. Dalam ceramahnya yang singkat beliau menjelaskan bahwa manusia diciptakan tidak serta merta namun Allah SWT yang berkehendak oleh karena itu jika sudah dikehendaki maka jalan terbaik adalah berpedoman pada Al-qur’an, karena satu-satunya petunjuk hidup manusia adalah Al-qur’an. Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS. Al-Baqarah: 185).

Turut meramaikan Banjari Fawatichussurur gabungan beberapa mahasiswa FIP dan fakultas yang lain, terbalut rancak rebana dan alunan suara menjadikan indah dan semarak dalam acara tersebut. Acara berakhir dengan doa dan membatalkan puasa dan sholat magrib berjamaah dilanjutkan sholat tarawih berjamaah..

Penulis : Wahyu
Pengambil Gambar & Editor : Gandhi 

author