Membangun Motivasi Yang Terarah Melalui Goal Setting Pada Mahasiswa

Membangun Motivasi Yang Terarah Melalui Goal Setting Pada Mahasiswa

Membangun Motivasi Yang Terarah Melalui Goal Setting Pada Mahasiswa

Pernahkah Anda merasa setiap hari dalam perjalanan kuliah terasa melelahkan dan membosankan? Pernahkah Anda merasa yang Anda pelajari tidak akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan Anda. Mungkin Anda berpikir untuk menjadi manusia kebanyakan. Menjadi pekerja dan melakukan rutinitas yang sama untuk waktu yang panjang.

Rendahnya motivasi cenderung membuat seorang mahasiswa akan mengikuti orang kebanyakan. Seperti nongkrong, meluangkan waktu untuk kegiatan yang sebanarnya tidak bisa membuat Anda maju atau menghabiskan hari dengan bermain game sepanjang hari.

Motivasi yang rendah membuat seseorang merasa tidak bermakna atas apa yang ia lakukan. Jika sudah sampai ke tahap ini, maka akan banyak efek buruk yang diterima. Mulai dari jam tidur yang terlalu panjang, kegiatan kampus yang tertunda, pekerjaan kampus yang tidak bisa diselesaikan sampai tidak adanya waktu untuk belajar materi kuliah untuk esok hari.

Dengan kondisi seperti ini, justru akan sulit untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Seperti waktu selesai perkuliahan, harapan Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sampai skill tertentu yang perlu dibentuk untuk mempermudah proses pencapaian tujuan jangka panjang Anda.

Untuk menjaga motivasi Anda tetap terjaga dengan baik maka Anda perlu membuat goal setting untuk dicapai. Goal setting ini akan membuat Anda menjadi lebih terarah mencapai apa yang Anda inginkan dalam perkuliahan, dalam membagi waktu bersama teman, pacar, kesenangan pribadi dan belajar skill yang Anda butuhkan dalam hidup. Ini adalah salah satu materi yang disajikan dalam kuliah tamu Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Pendidikan pada Rabu, (17/09/15) bertempat di Aula Gedung E1 lantai II Fakultas Ilmu Pendidikan. Materi ini disajikan oleh.Drs. Achmad Zaini alumni AP sebagai konsultan bisnis di  Ezycloud di Mega Wisdom International Holding Limited.

author