Lokakarya Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

IMG_1064

Selasa (24/3) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan Lokakarya Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Aula Gedung E1 Lantai 2 FIP. Acara dibuka langsung oleh Dekan Prof.Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd, beliau menekankan bahwa para dosen harus aktif dalam melakukan penelitian karena banyak kesempatan yang telah tersedia. Para dosen perlu menghasilkan proposal yang berkualitas agar penelitiannya lolos didanai oleh Dikti. Oleh karena itu, perlu pembekalan yang memadai mengenai penyusunan proposal terutama terkait dengan penelitian hibah DP2M. Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi Pasal 45, menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Secara umum tujuan penelitian di perguruan tinggi adalah untuk menghasilkan penelitian yang sesuai dengan prioritas nasional yang ditetapkan oleh pemerintah, dan menjamin pengembangan penelitian unggulan spesifik berdasarkan keunggulan komparatif dan kompetitif. Lokakarya ini diikuti oleh sekitar 83 dosen FIP dari berbagai Jurusan.
Lokakarya ini menghadirkan narasumber yang kompeten dalam penyusunan proposal penelitian. Diharapkan nantinya para peserta mendapatkan tips dan ilmu dalam penyusunan proposal penelitian yang baik dari para narasumber tersebut. Hadir sebagai narasumber pertama Prof. Dr. Bambang Budi Wiyonoi, M.Pd, Dalam kesempatan ini ia membawakan topik bahasan “Kebijakan Hibah Penelitian DP2M Usulan Tahun 2015”. Menurutnya sebelum melangkah menyusun proposal penelitian kita harus bisa mencermati objek yang akan menjadi bahan penyusunan proposal penelitian. Program Hibah Penelitian di Perguruan

IMG_1062
Tinggi dibagi kedalam dua kelompok, yaitu Hibah Penelitian Desentralisasi dan Hibah Penelitian Kompetitif Nasional . tentang penyusunan proposal DP2M.
Dr. Hardika, menyampaikan bahwa penelitian yang akan dilakukan oleh dosen harus searah dengan strategi pengembangan Fakultas Ilmu Pendidikan dan memahami betul jenis-jenis penelitian hibah DP2M. Diantara jenis penelitian hibah DP2M adalah hibah bersaing, hibah fundamental, hibah pascasarjana, hibah rapid, hibah pekerti, kerjasama internasional dan masih banyak lagi. Berangkat dari pemahaman tentang karakteristik tiap jenis penelitian hibah DP2M inilah diharapkan para dosen mampu melakukan penelitian yang mendukung kemajuan FIP. Workshop ini dilaksanakan untuk melakukan diskusi dalam penulisan proposal baik penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara mandiri maupun kelompok untuk pendanaan tahun 2015. Untuk teknis penulisan proposal sudah memahami, namun untuk mengetahui kiat dan trik dalam penulisan proposal yang tidak ada dalam panduan agar dapat lolos saat diajukan maka Fakultas menyelenggarakan kegiatan ini dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten yaitu Dr. M. Alfian, M.Pd, dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (Mt.)