Kuliah Tamu tentang “Penguatan Metodologi Penelitian dan Mixing”

FIP selenggarakan Kuliah Tamu tentang “Penguatan Metodologi Penelitian dan Mixing”
Kuliah diikuti oleh Mahasiswa S1, Mahasiswa Pascasarjana dan beberapa Dosen Jurusan di Gedung GKB FIP UM pada hari Sabtu, tanggal 22 September, dengan Narasumber Prof. Dr. Sugiono, Dosen Teknik Guru Besar dari UNY.

Kegiatan di buka oleh Prof. Dr. Bambang Wiyono, M.Pd selaku Dekan FIP menyampaikan: “ Kuliah ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya yang sedang menulis tugas akhir. Narasumber adalah penulis buku terkenal dan mendapat gelar Best Seller, penulis terbanyak. Mahasiswa kalau membaca bukunya kurang paham bisa langsung menanyakan kepada beliau tentang Metodologi Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif maupun Metode Penelitian Kombinasi/Mixing Methods. Semoga kuliah ini bisa menjadi penunjang bagi mahasiswa dalam penulisan tugas akhir Skripsi, Tesis, maupun Disertasi.” jelasnya.

Prof. Dr. Sugiyono menyatakan bahwa: “ Cara cepat dan mudah Mahasiswa dalam menulis Skripsi, Tesis dan Disertasi ada 4 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu 1. Segera menyiapkan permasalahan apa yang akan diteliti, bila judul dan rumusan masalah sudah disetujui Pembimbing, selanjutnya penulisan akan lancar; 2. Memahami Metodologi Penelitian yang akan dipakai; 3 Memakai Buku Panduan Penelitian yang berlaku; 4. Komunikasi dengan Pembimbing.

Pada kuliah ini dikemukakan ada beberapa Metode Penelitian yaitu Kuantitatif dan Kualitatif. Metode Kuantitatif cocok digunakan untuk penelitian pada populasi yang luas, permasalahan yang sudah jelas, teramati dan terukur, peneliti bermaksud untuk menguji Hipotesis; Metode Kualitatif cocok digunakan terutama bila permasalahan masih remang-remang, untuk merekontruksi fenomena social yang rumit, peneliti bermaksud ingin memahami secara mendalam suatu social kompleks, penuh makna, menemukan hipotesis dan teori; Sedangkan Metode Penelitian Kombinasi/ Mixing Methods adalah kombinasi atau gabungan Metode Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Kuantitatif dan peneliti harus betul-betul memahami 2 Metode tersebut, dimana pengamatan tahap I data Kuantitatif dilanjutkan dengan tahap II data Kualitatif. Kesimpilan data Kualitatif yang dilengkapi dengan data Kualitatif dianggap/dipandang Metode yang sempurna. Metode Kombinasi/Mixing Methods jika sudah menjadi kebiasaan mungkin Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kualitatif tidak akan dipakai lagi” demikian papar beliau.

Penulis : Liza erwe

Download (PPTX, 9.95MB)

 

WhatsApp Image 2018-09-23 at 21.17.56 (1) WhatsApp Image 2018-09-23 at 21.17.56

_MG_7622

_MG_7591

 

 

author