KULIAH TAMU TENTANG KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI JAWA TIMUR

Malang- Pengembangan Ilmu tidak harus dari dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM), namun mahasiswa FIP UM bisa juga menimba dari Praktisi yang berkecimpung di dunia pendidikan.
Kuliah tamu adalah salah satu cara meningkatkan wawasan mahasiswa. Dr. Suhartono, M.Pd. dihadirkan dalam kuliah tamu, Beliau adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota/Kabupaten Blitar.

Hadir dalam kuliah tamu ratusan mahasiswa angkatan 2016 dari berbagai jurusan di FIP UM. Pemilihan angkatan 2016 karena persiapan mahasiswa untuk KPL dan skripsi dapat menambah bekal ilmu.

Dekan FIP UM, Prof. Dr.
Bambang Budi Wiyono,M.Pd membuka langsung dihadapan mahasiswa, dalam sambutanya beliau memaparkan
Wawasan tentang kebijakan pendidikan yang notabene mahasiswa FIP UM adalah mencetak sarjana pendidikan dipandang harus mengetahui kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan di Jatim.
Sebagai mahasiswa mengetahui hal-hal baru tentang kebijakan pendidikan, pemerataan guru.
Bahwa lulusan FIP UM tidak hanya mengetahui teori namun juga praktiknya.
Hal yang paling penting sebagai mahasiswa dan sarjana nantinya adalah wajib memiliki soft yang bisa dikembangkan di dunia kerja dan kehidupan masyarakat.

Dr. Suhartono, M.Pd, yang juga alumni Pasca Sarjana dalam kuliah tamunya beliau memaparkan Kebijakan Pendidikan sesuai UU No.23 Tahun 2017 Kewenagan Pengelolaan Pendidikan Pemerintah Kota/Kabupaten hanya jenjang pendidikan TK-SMP/MTs. Sedangkan untuk jenjang SMK/SMA, PK-PLK dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi. Menurut beliau cabang DInas Pendidikan yang saat ini ada sekitar 31 cabang mulai tahun 2019 nanti akan dikecilkan menjadi 24 cabang, cabang-cabang tersebut sebagai jembatan komunikasi antara lembaga dan provinsi, dengan terbukti tahun 2018 ini Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Jawa Timur berjalan lancar.
Beliau juga memaparkan terkait kebijakan gubernur terpilih terkait sekolah gratis, hal ini yang membuat mahasiswa antusias dengan diskusi yang dipimpin oleh moderator Ahmad Nurabadi, S.Pd., M.Pd, yang juga dosen Administrasi Pendidikan.

Kuliah berakhir karena waktu dan menurut salah satu mahasiswa bahwa senang dengan kuliah tamu, berharap kedepan bisa menghadirkan sosok yang menginspirasi.

WhatsApp Image 2018-08-31 at 00.38.55 (1) WhatsApp Image 2018-08-31 at 00.38.55 WhatsApp Image 2018-08-31 at 00.38.56 (1) WhatsApp Image 2018-08-31 at 00.38.56

Penulis: Wahyu Sulistyowati, S.Pd
Penggambil gambar :Gandhi Dwi Mardianto, Kom

author