KKL Mahasiswa Jurusan BK FKIP Universitas Negeri Lampung

IMG_0794

Perkuliahan memang merupakan pembekalan inti untuk memperoleh pengetahuan, akan tetapi hal tersebut tentu tidaklah cukup. Banyak terdapat perbedaan antara teori yang diperoleh saat kuliah dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, sehingga masih diperlukan bentuk pembekalan lain yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kenyataan yang terjadi di lapangan. Salah satu upaya pembekalan tersebut adalah adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan atau yang biasa disebut sebagai KKL.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bukan merupakan hal yang asing lagi bagi mahasiswa. Kegiatan KKL merupakan kegiatan yang memadukan observasi, kunjungan dan wisata mahasiswa ke tempat – tempat, instansi, ataupun lembaga yang berkaitan dengan disiplin ilmu ataupun bidang yang ditekuni mahasiswa di perguruan tinggi. Objek kunjungan KKL mahasiswa dapat berupa tempat, instansi atau lembaga yang berhubungan dengan kewirausahaan, sains, IPTEK, maupun pendidikan.

Berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kegiatan KKL lebih banyak melibatkan kegiatan pengamatan atau observasi dan mahasiswa memang belum diwajibkan untuk melakukan casino online pemberdayaan kepada masyarakat. Sedangkan kegiatan KKN memang mewajibkan mahasiswa untuk langsung memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pengabdian dan pemberdayaan di lingkungan masyarakat, demikian dikatakan oleh salah satu dosen pendamping mahasiswa dari Podi BK FKIP Unila.

KKL yang telah diprogramkan oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas lampung ini bertujuan dalam memberikan pengalaman, wawasan, dan meningkatkan kompetensi calon konselor melalui pelatihan konseling kelompok dan non testing. Kegiatan KKL kali ini dikemas dalam bentuk pelatihan konseling kelompok yang dipandu langsung oleh Dr. M. Ramli, M.A, dan non testing oleh Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd,. Pengalaman belajar yang diperoleh dari kegiatan KKL yang didapatkan mahasiswa harapannya dapat memberikan bekal hidup dalam bersosialisasi dan mengabdi kepada masyarakat selepas dari perguruan tinggi nanti. Dengan adanya pengalaman belajar ini, akan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi keadaan masyarakat dan dunia kerja yang sesungguhnya.

Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa dari Universitas Negeri Lampung yang terdiri dari 52 mahasiswa dan 10 orang dosen pendamping ini diterima langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd, berlansung di Gedung Kuliah Bersama (GKB), Rabu, (14/01/2015). Dalam sambuatannya Dekan mengatakan, terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian telah berkenan mengunjungi kami, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara FIP UM dengan FKIP UNILA.

Selain kegiatan akademik juga ada kegiatan kemahasiswaan yaitu sharing antar Himpunan Mahasiswa BK UM dan BK FKIP Universitas Lampung. Kegiatan di akhiri dengan keliling kampus yang terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama meninjau Laboratorium Konseling yang bertempat di gedung D1 lantai I, dan kelompok kedua melihat ruang Bibliokonseling serta Laboratorium BK di Gedung E2 lantai II. (mt./an.)

author