Kembangkan Ethnomathematics Game, Mahasiswa FIP UM Sabet Medali Pada Ajang Young Scientist International Seminar and Expo (YSIS) 2019

Malang, 28/06/2019. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang kembali berbangga atas raihan prestasi mahasiswanya. Kali ini satu kelompok mahasiswa TEP FIP UM berkolaborasi dengan FMIPA dan FS mendapatkan penghargaan pada ajang Young Scientist International Seminar And Expo (YSIS). YSIS merupakan kegiatan berskala internasional yang bertujuan mengapresiasi inovasi karya mahasiswa sekaligus publikasi karya mahasiswa yang akan mengikuti seleksi Pekan Kreativitas Mahasiswa. Tema YSIS yang diangkat pada pagelaran tahun ini yaitu “Young Scientist Contribution Through Innovation of Science and Technology in Response to SDG’s 2030”.
Agenda berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 24-25 Juni 2019. Kegiatan ini berlangsung di Universitas Brawijaya Kota Malang. Kegiatan dikemas sangat menarik dan meriah dalam bentuk expo produk inovasi pada pemuda dan pemberian pengargaan kepada para pemenang. Karya yang dipamerkan serta dipresentasikan berupa karya inovatif mahasiswa yang kebanyakan didanai oleh DIKTI melalui program Pekan Kreativitas Mahasiswa.
Meskipun peserta yang mengikuti kegiatan ini hanya mahasiswa dalam negeri, namun atmosfer kompetisi berskala nasional tetap berasa dikarenakan komunikasi para tim yang mengikuti lomba ini menggunakan bahasa inggris. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh wartawan yang tidak mau ketinggalan untuk meliput karya tim mahasiswa peserta. Adapun rangkaian kegiatan kompetisi ini diantaranya opening, technical meeting, presentasi karya masing-masing kategori, expo karya dan penganugerahan penghargaan.
Pada kegiatan ini Universitas Negeri Malang mengirimkan 5 tim delegasi dengan beberapa tema kategori yang berbeda. Pada malam pengumuman kejuaraan, Tim UM memperoleh 1 medali emas, tim 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Prestasi membanggakan tersebut diperoleh melalui seleksi yang ketat dengan pesaing tidak kurang dari 50 tim. Salah satu tim delegasi dari UM yang beranggotakan mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan yaitu Risma Chulashotud Diana, Zahid Zufar At Thaariq, Muhammad Syifaul Qolbi yang berkolaborasi dengan Sayyidati Fatimah A (Matematika, FMIPA) dan Chania M Widyasari (P. Bahasa Inggris, FS) berhasil mendapatkan medali silver dengan karya yang dibawa berjudul ”ETHIC GAME (Ethnomathematics Game): A Mathematics Augmented Reality-Based Board Game as Intructional Media Under the Principle of TRINGO to Familiarize Indonesian Culture Among Elementary Learners”. Produk tersebut merupakan salah satu pengembangan permainan ular tangga dan monopoli dengan konten pembelajaran matematika dan budaya. Tim ini dibimbing oleh Bapak Ence Surahman, M.Pd dan Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. Hasil ini sangat perlu disyukuri dan menjadi pengalaman yang berharga untuk tim UM. Semoga pencapaian ini bisa memotivasi teman-teman mahasiswa UM lainnya untuk berprestasi baik dikancah regional, nasional dan internasional.


Penulis: Risma
Editor: Nc

author