Kegiatan PKPT di FIP UM

No comment 2428 views

IMG_1275

Dalam rangka pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) mahasiswa baru Universitas Negeri Malang tahun akademik 2014/2015, semua mahasiswa baru wajib mengikuti PKPT berbasis kelas yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 15 Agustus 2015. Seluruh kegiatan PKPT dilaksanakan di dalam ruang gedung dan/atau kelas. Tidak ada kegiatan pengarahan dan pengerahan maba di luar gedung/kelas. Pada hari Senin tanggal 10 Agustus 2015 pukul 06.00 WIB semua mahasiswa baru sudah siap di
dalam Gedung Graha Cakrawala untuk mengikuti upacara pembukaan dan rangkaian kegiatan hari pertam sampai hari ketiga, hari keempat sampai hari keenam rangkaian kegiatan PKPT dilaksanakan di fakultas masing-masing sesuai jadwal, di Fakultas Ilmu Pendidikan diselenggarakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) acara dimulai perkenalan dengan para pejabat yang dipandu langsung oleh Wakil Dekan I, Dr. Hardika, M.Pd, dilanjutkan perkenalan dengan para pengurus Unit Kgiatan Mahasiswa dipandu oleh Wakil Dekan III, Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd,. Acara tersebut disambut meriah dengan suka cita oleh para pejabat yang hadir khususnya oleh para mahasiswa baru.

IMG_1282 IMG_1296

Kegiatan PKPT merupakan kegiatan pra kuliah yang secara langsung menunjang kegiatan perkuliahan. PKPT bertujuan untuk memperkenalkan program pendidikan, peraturan akademik, administrasi akademik, kehidupan kampus, program kemahasiswaan, dan memperkenalkan cara-cara belajar yang baik kepada mahasiswa baru dalam rangka mempersiapkan mereka agar dapat mengikuti kegiatan akademik dan menyelesaikan studi mereka dengan hasil yang sebaik-baiknya. Materi PKPT berisi informasi tentang Keunivesitasan meliputi Perguruan Tinggi sebagai Pusat Intelektual dan Kultural, membangun sikap positif mahasiswa terhadap Universitas Negeri Malang, pendidikan pemakai perpustakaan, pedoman pendidikan, bimbingan konseling, cara belajar di perguruan tinggi, tatakrama kehidupan kampus, serta program kemahasiswaan yang meliputi pola pemberdayaan kemahasiswaan, pengembangan kegiatan kemahasiswaan bidang penalaran, penanggulangan napza, dan lingkungan hidup.

IMG_1302 IMG_1308

Materi PKPT dibagi dalam dua bagian yaitu Materi Khusus Universitas (MKU), Materi Khusus Fakultas (MKF). MKU adalah materi yang diberikan pada seluruh mahasiswa baru sedangkan MKF adalah materi yang hanya diberikan pada masing-masing fakultas. Materi khusus Universitas diberikan kepada seluruh mahasiswa baru tanpa membedakan fakultas, jurusan maupun program studinya. Materi khusus fakultas dibagi dalam dua kelompok yaitu materi tentang jurusan dan program studi, yang diberikan khusus untuk mahasiswa pada fakultas dan jurusan masing-masing. Materi tentang fakultas menyajikan beberapa hal yang berhubungan dengan visi dan misi fakultas, sarana dan prasarana, keadaan dosen dan mahasiswa dan prestasi akademik yang pernah dicapai oleh dosen dan mahasiswa. Materi jurusan dan program studi berisi tentang visi dan misi jurusan, sarana dan prasarana jurusan, pengembangan jurusan, kurikulum serta cara belajar efektif untuk bidang studi-bidang studi agar diperoleh hasil maksimal.

IMG_1277IMG_1304IMG_1296

Materi PKPT dirancang bukan semata-mata mahasiswa baru mengenal lingkungan Universitas Negeri Malang secara fisik, tetapi yang lebih penting mahasiswa baru diharapkan mampu menyiapkan diri baik secara fisik dan mental untuk belajar di Universitas Negeri Malang. Dengan kesiapan fisik dan mental yang prima mahasiswa baru diharapkan tidak mengalami hambatan yang berarti dalam menempuh studi di Universitas Negeri Malang khususnya di Fakultas Ilmu Pendidikan, sehingga diharapkan mahasiswa baru dapat menyelesaikan studinya dengan baik. (Mt.)

bu ella jongring psm qotipah

author