HMJ PLS Selenggarakan Seminar Nasional Dalam Rangka Peringati Hari Aksara Internasional ke-50

HMJ PLS Selenggarakan Seminar Nasional Dalam Rangka Peringati Hari Aksara Internasional ke-50

HMJ PLS Selenggarakan Seminar Nasional Dalam Rangka Peringati Hari Aksara Internasional ke-50

“Wujudkan Indonesia Mandiri melalui Literasi dalam Globalisasi”

Pendidikan sebagai sebuah unsur dalam meningkatkan pembangunan bangsa Indonesia. Pentingnya pendidikan di Indonesia memiliki peranan utama dalam menghadapi era Globalisasi dewasa ini . Masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan yang layak merupakan sebuah problematika pendidikan yang harus segera diselesaikan, khususnya pada buta aksara. Pentingnya mengetahui stategi serta langkah dalam meminimalisir tingkat buta aksara di Indonesia.

Sebagai sebuah langkah utama dalam memberikan bekal kepada mahasiswa  dan  masyarakat dalam pengetahuan tentang literasi atau aksara serta strategi dalam meminimalisir tingkat buta aksara di Indonesia, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan Seminar Nasional dalam rangka memperingati hari Aksara Internasional ke-50 dengan mengangkat tema “Wujudkan Indonesia Mandiri melalui Literasi dalam Globalisasi”.

Rangkaian kegiatan yang berjalan selama satu penuh tepatnya pada, Kamis, (8/10/2015) bertempat di gedung Sasana Budaya (Sasbud) Universitas Negeri Malang. Pada awal kegiatan, Prof. Dr. H. Mustofa Kamil selaku Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Baharudin selaku pendiri komunitas belajar Qoriyah Toyyibah yang hadir sebagai pembicara pada kegiatan tersebut banyak menarik perhatian peserta yang datang dari berbagai lembaga dan komunitas se-Malang Raya. Di akhir acara HMJ PLS FIP UM juga melaksanakan lomba mewarnai bagi anak (Pendidikan Anak Usia Dini) PAUD dan (Taman Kanak-Kanak) TK se-Kota Malang

Tidak terbatas dalam hal peserta, kegiatan Seminar Nasional dan Peringatan HAI tersebut juga banyak melibatkan berbagai macam pihak dalam untuk menggelar berbagai macam pameran produk jual maupun hasil kerajinan tangan diantaranya, PKBM Se-Kota Malang, Ameen Educare, Gubuk Baca Lentera Negeri (GBLN), Dhamma TV dan lainnya.

Dalam wawancaranya, Nikmah selaku ketua pelaksana kegiatan menyatakan bahwa “Tujuan diselenggarakannya kegiatan tahunan oleh HMJ PLS ini adalah yang pertama, untuk Menemukan solusi baru untuk mengentaskan buta aksara di Indonesia melalui sektor Pendidikan Luar Sekolah. Kedua, kegiatan ini juga sebagai langkah dalam mengenalkan jurusan Pendidikan Luar Sekolah sebagai jurusan yang mempunyai inovasi terkini pengentasan buta aksara di Indonesia. Terakhir, adalah untuk Meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan potensi mahasiswa FIP UM dan peserta lomba baik dari lembaga pendidikan anak dan program PLS lainnya”. (Oji)

author