Select Page

Rahmawati, Rizki Ari

Penilaian pada Kurikulum 2013 dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan secara seimbang dengan menggunakan berbagai teknik penilaian. Langkah-langkah penilaian yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pelaporan dan tindak lanjut hasil penilaian. Pelaksanaan penilaian pembelajaran yang belum optimal tidak terlepas dari persepsi guru tentang penilaian pembelajaran, oleh karena itu perlu diketahui persepsi guru tentang penilaian pembelajaran sehingga dapat dijadikan informasi pelaksanaan penilaian pembelajaran di SD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) persepsi guru SD tentang perencanaan penilaian, (2) pelaksanaan penilaian, (3) pengolahan penilaian, (4) pelaporan penilaian, (5) tindak lanjut hasil penilaian pada Kurikulum 2013.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi terdiri dari guru kelas I, II, III, IV, V dan VI yang tersebar di 195 SD Negeri di 5 Kecamatan Kota Malang. Sampel penelitian ini berjumlah 106 responden yang diambil dengan teknik area nonproporsional random sampling. Instrumen pengumpul data berupa kuesioner tertutup. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif.

Dari hasil pengumpulan data diperoleh 93 angket yang layak untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang perencanaan penilaian sebagian besar tergolong baik (89,25%), pelaksanaan penilaian sebagian besar tergolong baik (80,65%), pengolahan penilaian sebagian besar tergolong baik (79,57%), pelaporan penilaian lebih dari setengah tergolong cukup (55,92%) dan tindak lanjut hasil penilaian sebagian besar tergolong baik (67,74%). Tidak ada guru yang memiliki persepsi kurang baik tentang perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pelaporan dan tindak lanjut hasil penilaian.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru SD memiliki persepsi yang baik tentang perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan tindak lanjut hasil penilaian, serta memiliki persepsi yang cukup tentang pelaporan penilaian pada Kurikulum 2013. Saran bagi guru agar selalu mengikuti perkembangan dan perubahan aturan tentang penilaian, membaca panduan penilaian agar dapat melaksanakan penilaian pembelajaran sesuai ketentuan serta mendiskusikan dengan teman sejawat atau pimpinan apabila belum memahami. Bagi peneliti lain agar mengembangkan penelitian dengan memperluas populasi penelitian, meneliti komponen Kurikulum 2013 secara menyeluruh serta menambahkan instrumen penelitian dengan angket terbuka.

Kata Kunci: persepsi, penilaian pembelajaran, kurikulum 2013, SD

Translate »