FIP UM Selenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Pada Era Industri 4.0

Senin (8/04/2019) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) Menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Pada Era Industri 4.0: Tinjuaun Kesejarahan, Kekinian, dan Masa Depan. Acara yang berlangsung di gedung Graha Cakrawala dihadiri sekitar 1700 peserta yang terdiri atas dosen, mahasiswa S1, S2 dan S3 di lingkungan FIP.

Panitia penyelenggara menghadirkan Plt Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, dan Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, M.A.,Ph.D. sebagai narasumber, gaya Prof Hariyono yang interaktif membawa suasana seminar hidup. Dalam paparannya Pancasila sebagai landasan etimologi di semua bidang, khususnya pendidikan sebagai landasan dasar. Hakikat pendidikan untuk hidup, harus berbasis pada kehidupan yaitu Pancasila. Pendidikan nasional harus sesuai visi misi kebangsaan yang tak lepas dari pendidikan karakter. Agar tidak terlalu mudah terpengaruh ideologi dari barat. Meski sebagian besar pakar ideologi dari barat ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd dalam sambutannya beliau mengatakan makna pendidikan tidak hanya di dalam kelas, namun supporting formal dan non formal. UM harus bisa menyiapkan lulusan menghadapi tantangan dalam ketidakpastian, khususnya revolusi industri 4.0. Karena sebagai milenial, mau tidak mau harus menghadapi. UM diamanati sebagai pusat inovasi pembelajaran. Sekaligus pembekalan wawasan kebangsaan yang harus dimiliki mahasiswa di era saat ini.

Dari seminar ini diharapkan dapat menambah wawasan untuk melengkapi kompetensi yang dimiliki mahasiswa, acara ini juga merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) ungkap Dekan FIP Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, MPd.

 

 

 

 

 

 

author