Dr. Henny Kusdianty, S.Pd.,M.Pd: Membangun Kewirausahaan Mahasiswa Harus Punya Bisnis Plan dan Analisis Pasar

Mahasiswa untuk  merintis dan membangun kewirausahaan harus memiliki bisnis plan (perencanaan bisnis) dan analisis pasar, demikian dikatakan Dr. Henny Kusdianty, S.Pd., M.Pd dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) saat menyampaikan materinya pada “Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang”, Kamis (20/4) bertempat di Aula FIP UM.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd dalam sambutan saat membuka acara ini menyampaikan beberapa informasi, “bahwa FIP dalam waktu dekat akan membangun gedung permanen khusus untuk kewirausahaan mahasiswa, khususnya HMJ yang lokasinya sebelah utara gedung E2. Akan tetapi sebelum gedung tersebut terwujud, penampungan bagi penjualan makanan ringan (kue-kue) yang yang dikelola mahasiswa FIP untuk sementara ditempatkan di selasar Gedung D2 dengan memakai etalase sebanyak 6 (enam) etalase yang sudah disediakan untuk masing-masing HMJ di lingkungan FIP”.

“Kami berharap, selanjutnya dikatakan Wadek 3 FIP ini, dengan diberikan kesempatan dan dilaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa FIP ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi wirausaha, tidak hanya dalam bentuk kuliner atau makanan kecil, tapi juga kewirausahaan dalam bentuk jasa layanan, seperti outbound, guid dan travel, jasa pelatihan-pelatihan dan sebagainya”, ujarnya.

Pelatihan Keriwarusahaan ini diikuti lebih kurang 300 mahasiswa FIP yang dengan antusias menyampaikan pertanyaan dan usulan dengan bersemangat sehingga kegiatan pelatihan ini menjadi dinamis dan aktif.

Sesi pertama pada pelatihan ini, pemateri disampaikan oleh Ibu Aria Fikriyah, S.TP dari Pusat Bisnis Universitas Brawijaya dengan tema materi “Pengembangan dan Pemantapan Usaha Bagi Mahasiswa”. (**)

WhatsApp Image 2017-04-20 at 16.26.10 (1) WhatsApp Image 2017-04-20 at 16.26.14

author