Dosen TEP FIP UM Hadiri Temu Kolegial dan International Conference Di Padang

Padang, 27/7/2019. Dalam rangka menghadiri undangan kegiatan temu kolegial Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) dan International Conference on Educational Technology (ICET), 6 dosen dan 2 tendik Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berangkat ke Padang. Kegiatan dilaksanakan dari hari Rabu-Sabtu, 24-27 Juli 2019 bertempat di Universitas Negeri Padang. Rombongan TEP FIP UM yang berangkat diantaranya Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd selaku Ketua Jurusan, Eka Pramono Adi, M.Si selaku Sekretaris Jurusan, Drs. Zainul Abidin, M.Pd selalu Ketua Laboratorium TEP, Dra. Susilaningsih, M.Pd, Yerry Soepriyanto, ST., MT. Ence Surahman, S.Pd., M.Pd, Yulias Prihatmoko, S.Pd., M.Pd dan Nunung Nindigraha, S.Pd.

Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) rutin melaksanakan kegiatan temu kolegial. Temu kolegial merupakan agenda tahunan para pimpinan dan dosen jurusan Teknologi Pendidikan dari berbagai perguruan tinggi di Indoensia. Pada kegiatan temu kolegial dibahas berbagai hal yang menyangkut peningkatan mutu perkuliahan, kerjasama bidang penelitian, pengabdian, publikasi karya ilmiah serta program-program pengembangan kemahasiswaan.

Kegiatan temu kolegial di Padang tahun ini membahas tentang rencana pengembangan lembaga sertifikasi profesi untuk para lulusan TEP, analisis kebutuhan untuk pengusulan profesi TEP di sekolah, kemudian pengembangan kelas online untuk seluruh jurusan TEP Indonesia. Kebetulan untuk pengembangan kelas online TEP Indonesia diinisiasi oleh TEP UM dan TEP UNESA. Di samping itu kegiatan juga diadakan penandatanganan MOU serta peluncuran jurnal APS TPI yang bernama Indonesia Journal Of Educational Technology (IJET) serta lomba-lomba antar mahasiswa TEP.

Selain kegiatan temu kolegial, keberangkatan dosen TEP UM juga untuk menghadiri kegiatan International Conference of Educational Technology (ICET) yang dilaksanakan atas kerjasama Program Pascasarjana UNP dengan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP. Seluruh rombongan UM yang berangkat diharuskan mensubmit naskah artikelnya dan accepted untuk dipresentasikan. Prosiding conference direncanakan terindeks Thomson Reuters melalui Atlantis Publisher. Total ada 8 artikel sesuai jumlah yang berangkat. Hal itu tidak lepas dari kebijakan pimpinan agar perjalanan dinas para dosen sebaiknya menghasilkan luaran yang mendukung pemeringkatan lembaga, sehingga para dosen yang bisa berangkat hanya yang memiliki naskah untuk dipublikasikan.

Pada penghujung rangkaian kegiatan temu kolegial dan international conference, para tamu undangan berkesempatan menikmat jamuan spesial dari Gubernur Sumatra Barat dan Rektor UNP. Acara jamuan dilaksanakan di Auditorium UNP pada Jum’at malam jam 19.00-22.00 WIB. Kegiatan jamuan tersebut dalam rangka menutup secara resmi kegiatan temu kolegial dan membuka secara resmi kejuaran tenis antar alumni perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan dari Jum’at-Ahad, 26-28 Juli di Universitas Negeri Padang. Gubernur Sumbar menyambut gembira para tamu dari seluruh Indonesia. Dalam sambutannya beliau membacakan puluhan pantun karya dirinya yang berisi ucapan selamat datang, rekomendasi tujuan wisata, keindahan alam Sumbar hingga pesan untuk membeli oleh-oleh khas Sumbar. Tidak sampai disana, Gubernur yang multitalenta itu juga menghibur para tamu dengan bernyanyi dan bermain alat musik untuk mengisi pentas seni yang ditampilkan oleh para mahasiswa asing yang kuliah di Sumatra Barat. (Nc)

author