Dorong Kreativitas Mahasiswa, TEP FIP UM Gelar Creative Innovative Young Entrepreneur Festival (Ciye Fest) Tahun 2019

Malang, 08/05/2019. Salah satu mata kuliah baru di Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) FIP UM adalah kewirausahaan dan kreativitas. Mata kuliah ini pertama kali diprogram oleh mahasiswa TEP angkatan 2015, pada semester gasal 2018. Pada semester genap 2019 ini di program untuk mahasiswa TEP angkatan 2017. Mata kuliah ini diampu oleh Ibu Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom.

CIYE FEST merupakan tugas akhir dari mata kuliah kewirausahaan dan kreativitas di jurusan Teknologi Pendidikan. Kegiatan festival dilaksanakan selama dua hari Senin dan Selasa, 29-30 April 2019 bertempat di Depan GKB D2 FIP UM. Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jurusan TEP Bapak Eka Pramono Adi, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresitasi setinggi-tingginya untuk dosen dan mahasiswa yang sudah berhasil menggelar festifal dengan sangat meriah, semoga budaya kreatif dan inovatif di kalangan mahasiswa TEP semakin berkembang.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan sense of bussiness / memupuk jiwa entrepreneur mahasiswa agar memiliki budaya kreatif di lingkungan kampus. Di samping itu agar karya-karya inovatif civitas akademika dapat dimanfaatkan dan dikembangkan secara komersial di dunia industri. Mengingat jumlah wirausahawan di Indonesia saat ini harus terus menerus dipacu baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Sebelumnya mahasiswa sudah menyiapkan bussiness plan yang dikonsultasikan ke dosen, lalu dipresentasikan di kelas. Setelah itu masing-masing kelompok menyiapkan video profile, brosur, poster, x banner yang juga masuk dalam kriteria penilaian dosen.

Dosen dan mahasiswa selalu berdiskusi dan bekerja sama untuk menciptakan ide yang kreatif dan inovatif sehingga bisa menjadi suatu usaha yang mempunyai nilai tambah, dan di harapkan dapat berkontribusi nyata dalam mencetak lulusan yang berjiwa entrepreneur sehingga mampu bersaing, dan akan membawa Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera.

Ketua pelaksana CIYE FEST 2019 yaitu M. Dwi Agung mahasiswa off A TEP 2017 dibantu oleh panitia dari masing-masing offering A,B dan C.  Pada CIYE FEST 2019 dipamerkan sebanyak  42 kelompok wirausaha yang terdiri dari bidang usaha jasa, produk dagang, industri kreatif dan budidaya serta kuliner.

Sebagai trigger dan apresiasi kepada mahasiswa oleh dosen pembina disiapkan sejumlah hadiah berupa fresh money untuk 3 kategori, yaitu: presentasi terbaik, stand terfavorit, dan produk/jasa terunik.  Kegiatan penilaian dilakukan oleh dosen pembina mata kuliah dan mahasiswa alumni pemenang PMW, KBMI dan EXPO KMI dari jurusan KSDP FIP yang bernama Wakhid Anshori. Setelah melalui penilaian yang ketat dihasilkan 10 kelompok yang memperoleh penghargaan, diantaranya: (1) Grates, (2) Dokudo, (3) Seblak Amerika, (4) AA Project, (5) Exotic Mini Flower, (6) Miyabi Pet Store, (7) Excellens, (8) Tradisi. Sebagai kelompok dengan presentasi terbaik. Adapun kategori jasa/produk terbaik diperoleh kelompok Seonmol. Sedangkan kategori Stand terbaik diperoleh kelompok Toodle o Foodie.

Penulis: Arafah

Editor  : Nc

author