Diklat Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka Mahasiswa Jurusan PLB

Diklat Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka Mahasiswa Jurusan PLB4 Diklat Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka Mahasiswa Jurusan PLB3 Diklat Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka Mahasiswa Jurusan PLB2 Diklat Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka Mahasiswa Jurusan PLB

Perubahan kurikulum sering kali kita alami dan setiap ada pergantian materi dapat dipastikan juga akan ada pergantian kebijakan pendidikan. Perubahan kurikulum yang terbaru yang saat ini masih menjadi “buah bibir” di kalangan akademisi maupun para pegiat pendidikan adalah kurikulum 2013 yang menggantikan kurikulum 2006. Kurikulum 2006 mengalami perubahan pada kurikulum 2013 yang hangat diberitakan. Diantaranya yaitu di masukkannya kegiatan pramuka dalam kurikulum esktra yang wajib diadakan di sekolah dalam rangka penguatan karakter siswa.

Salah satu tujuan utama Jurusan Pendidikan Luar Biasa adalah menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu menerapkan, serta mengembangkan keilmuan bidang Pendidikan Luar Biasa di berbagai sektor secara professional dan proporsional. Untuk mewujudkan salah satu tujuan itu yang dilakukan oleh Jurusan PLB adalah bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka Kota Malang untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka dengan harapan agar para mahasiswa lulusan nantinya ketika terjun didunia pendidikan memiliki wawasan kepramukaan yang lebih luas, serta ketrampilan yang memadai untuk membina gugus depan.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pramuka Jurusan PLB ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 26 hingga 30 Oktober 2015 di Ruang Conference Room (CR) Gedung E2 FIP UM. Selama kegiatan para mahasiswa peserta Diklat ini dilatih untuk menjadi sumber ilmu dan fasilitator dalam bidang kepramukaan  agar dapat memahami, menghayati dan melaksanakan AD & ART gerakan pramuka, menjelaskan perkembangan pramuka, dan menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina pramuka sesuai dengan golongannya.

Beberapa hal yang diajarkan adalah, menciptakan kegiatan menarik, menantang, dan mengandung pendidikan bagi siaga, penggalang, dan penegak/pandega. Kehidupan, komunikasi, peran dan fungsi Pramuka dalam kehidupan. (EBP)

author