Diesnatalis Jurusan Pendidikan Luar Biasa yang ke 6

Dies natalis jurursan PLB Dies natalis jurursan PLB 6 Dies natalis jurursan PLB 4 Dies natalis jurursan PLB 3

Kemeriahan “Bejuta Karya, Berjuta Cinta, Menuju Satu Cita”

Berjuta Karya, Berjuta Cinta, Menuju Satu Cita. Begitulah tema Diesnatalis Jurusan Pendidikan Luar Biasa yang ke 6. Demi terselenggara- nya acara ini, panitia yang notabene adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa angkatan 2014 telah menyiapkan jauh hari sebelumnya. Panitia yang diketuai oleh Danang Dwi Purnomo ini berhasil menggaet beberapa pengusaha untuk mendapatkan sponsor.

Hari pertama acara Diesnatalis Jurusan PLB dilaksanakan pada Jum’at 4 Desember 2015 yang di meriahkan dengan jalan sehat mengelilingi UM serta berorasi. Kegiatan dibuka pada pukul 06.30 oleh Ketua Jurusan yakni bapak Prof. Dr. Moh. Efendi, M.Pd, M.Kes, dengan memotong pita sebagai simbolis pembukaan Diesnatalis jurusan PLB-UM. Selain memeriahkan Diesnatalis jurusan, rupanya jurusan ini sekaligus memeriahkan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2015, itulah sebabnya para peserta jalan sehat yaitu mahasiswa PLB mulai angkatan 2012-2015 bersama segenap dosen berorasi meneriakkan hak disabilitas untuk tidak didiskiminasi dengan membawa beberapa poster karya mahasiswa PLB dan berseragam baju olahraga PLB yang berwarna biru. Mereka sangat bersemangat untuk berorasi keliling kampus tercinta ini.

Setelah lelah berjalan sehat, sesampainya di garis finish para peserta dihibur oleh penampilan Sped Band yaitu band kebanggaan PLB dengan menyanyikan beberapa lagu dan diselingi dengan pembagian doorprise. Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkan nomor yang dibacakan oleh MC dan berharap mendapatkan hadiah. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 80 bungkus hadiah yang dibagikan dengan hadiah utama berupa kipas angin yang dimenangkan oleh mbak Ayu angkatan 2013.

Acara jalan sehatpun ditutup dengan bernyanyi bersama-sama dan beberapa dosen terjun ke depan panggung bersama mahasiswa untuk berjoged bersama. Suasana terlihat begitu menyenangkan dan akrab antara dosen dengan mahasiswa. Benar-benar acara pembuka yang luar biasa.

Setelah acara jalan sehat selesai, panitia mempersipkan acara selanjutnya yakni pada pukul 18.00 ada perlombaan volley antar offering babak penyisihan. Pada pukul 18.00 lapangan volley A3 sudah dipenuhi mahasiswa PLB dari berbagai offering untuk mendukung tim offeringnya. Babak penyisihan lomba volley sangat meriah, dengan beberapa tim yang berhasil lolos ke semi final yakni tim dari offering A5,A4,A3,danB4. Pertandinganpun dilanjutkan keesokan harinya yaitu pada tanggal 5 Desember 2015. Babak semi final berjalan lancar dan meriah dengan meloloskan 2 tim se-angkatan yakni dari offering A4 dan B4. Babak final pun dimulai dengan soraksorai para pendukung tim. Akan tetapi, dalam final ini meski begitu menegangkan untuk merebut juara 1 dan 2, tidak ada kata saling menjatuhkan antara pemain dan juga antara pendukung. Mereka semua juga menyemangati tim lawan dengan penuh rasa persaudaraan, hingga juara 1 diraih oleh tim offering B4 dan juara 2 adalah tim offering A4 dengan skor pada set akhir yang berbeda tipis yakni 23-25.

Acara  dilanjutkan pada tanggal 7 Desember di gedung Sasana Budaya, dengan berbagai lomba untuk SDLB dan SMPLB se Malang Raya yakni lomba melukis tas untk B (Tunarungu), lomba tari kreasi untuk C(Tunagrahita), dan lomba menyanyi untuk A dan D (Tunanetra dan Tunadaksa). Lomba pun sangat meriah dengan penampilan peserta yang menggemaskan, hingga tiba lah saat pengumuman. Lomba melukis tas tingkat SDLBsemalang raya dimenangkan oleh: juara 1: Umar Faruk dari SDLB BC Islam Yaindo, juara 2: Melariski dari SDLBNKedung Kandang, juara 3: Arif Ramadani dari SDLBPutraJaya. Tingkat SMPLB dimenangkan oleh: Juara 1: Irma Safitri dari SMPLBKedung Kandang, Jura 2: AinunZakiyaIchsani dari SMPLBYPTB, Juara 3: Iftia Intan Fahmawati dari SMPLB Pembina.

Lomba tari kreasi juara 1 tingkat SDLB dimenangkan olehSDLBNKeedung Kandang, juara 2 :SDLB BC Islam Yasindo, Juara 3: SDLBIdayu 2. Tingkat  SMPLB juara 1 dimenangkan oleh SMPLB Pembina, juara 2: SMPLBNKedung Kandang. Lomba menyanyi tingkat SDLB juara 1 dimenangkan olehArya Alfa Reza dari SDLB Pembina, juara 2: Marcel Putra Pamungkas dari SDLBNKedung Kandang, juara 3: Ahmad Saiful dari SDLBNKedung Kandang.Tingkat SMPLBjuara 1 dimenangkan oleh RachmadFirmansyah dari SMPLBNKedung Kandang, juara 2: Hana FitriaYuniar dari SMPLBNKedung Kandang.

Para peserta bersorak sorai untuk para pemenang lomba. Bagi juara 1 tiap lomba, diminta untuk tampil di acara puncak pada keesokan harinya yaitu tanggal 8 Desember 2015.

8 Desember 2015, inilah hari yang di tunggu-tunggu yaitu acara Puncak DiesnatalisJursan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang yang ke 6. Acara dibuka dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia raya serta hymne FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) dengan diiringi bahasa isyarat. Selanjutnya adalah sambutan-sambutan dari ketua pelaksana serta ketua jurusan. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta peniupan lilin sebagai symbol perayaan 6 tahun jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Dalam acara puncak ini, ada banyak penampilan yang disuguhkan untuk memeriahkan acara puncak. Diantaranya penampilan juara 1 lomba menyanyi, menari, dan melukis dari SDLB dan SMPLB se malang raya. Juga penampilan special dari Lab. Autisme Univrsitas Negeri Malang yang menampilkan gerak dan suara. Para peserta dan para tamu undangan sangat terhibur dengan penampilan-penampilan yang disuguhkan pada hari itu. Riuhtepuk tangan terdengar begitu keras setelah penampilan-peampilan dari pemenang lomba serta adik-adik Lab. Autisme.

Tak kalah semangat, para mahasiswa tiap offering pun menampilkan penampilan yang sangat menarik. Ada offering B2 yang menampilkan tari Jaran Gerak dari banyuwangi hingga menyita perhatian para dosen-dosen untuk mengambil gambar mereka. Selanjutnya ada penampilan dari C3 yang menampilkan fashion show pakaian adat Nusantara yang sangat indah hingga para peserta dan tamu undangan berdiri untuk mengabadikan moment dengan memotret mereka.penampilan mereka diakhiri dengan berjoget bersama dosen-dosen. Setelah itu, masih ada banyak penampilan dari tiap offering yang tak kalah meriah seperti penampilan mahasiswa-mahasiswa dari kepulauan Riau yng bekerja sama dengan pemerintahan Riau yang menampilkan GurindamDuabelas asal Riau . selain itu juga masih banyak lagi penampilan-penampilan dari mahasiswa PLB. Ditengah-tengah acara, diadakan penerimaan hadiah serta tropi untuk pemenang lomba Menyanyi, Tari Kreasi, dan Melukis Tas untuk SDLB dan SMPLB se Malang Raya, serta pemenang lomba Volley antar offering. Penyerahan hadiah dan trophy pun diiringi dengan musik yang menggembirakan dan riuhtepuk tangan.

Penampilan selanjutnya adalah penampilan puisi yang diiringi slide foto serta lagu yang menyedihkan dari offering A4. Penampilan itu diperuntukkan kepada teman mereka tercinta yaitu IkoKerriwaluyantika yang telah berpulang ke pangkuanNya. Sekaligus dilanjutkan dengan doa bersama untuk almarhumah.

Setelah sesi yang mengharukan dan membuat beberapa pasang mata menjatuhkan linangan air mata tersebut, ada banyak penampilan yang sangat menghibur misalnya saja penampilan dari A2 yang menampilkan drama musical. Drama tersebut menceritakan awal mula perkuliahan hingga akhir perkuliahan. Penampilan mereka mengundang gelak tawa para peserta juga tamu undangan bahkan para dosen tatkala mereka menirukan gaya dosen-dosen yang khas bahkan cara berpakaian para dosen yang khas. Tanpa menyebutkan nama pun, para mahasiswa mengerti siapa dosen yang sedang diperankan oleh mereka. Sungguh penampilan yang mengesankan hingga para dosen pun mengabadikannya dengan tak henti memotret mereka.

Acara-acara pun berjalan sesuai susunan. Akhirnya, penampilan terakhir dari mahasiswa pun dilaksanakan yakni dengan penampilan dari Mayor Seven dengan vocaliskebanggan yakni Try FebriKhoirunnidhom dengan lagu Banyuwangi-an serta lagu op masa kini. Acara ditutup dengan penampilan yang sangat meriah dari guest star Yohana X-Factor yang menyanyikan lagu berbahasa asing dan juga lagu dari salah satu band rock Indonesia. Para peserta pun bersorak sorai atas kedatangan bintang tamu yang paling ditunggu-tunggu tersebut.  Acara pun diakhiri dengan bacaan hamdallah, para peserta dan undangan pun meninggalkan tempat dengan senyum yang lebar serta hati yang gembira atas suksesnya acara Puncak Diesnatalis Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang yang ke 6 itu.

Panitia pun bergegas membersihkan gedung tempat acara itu dilaksanakan. Sungguh meriah acara diesnatalis yang dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 8 Desember 2015. Tawa pun mengiringi para panitia untuk membersihkan gedung Sasana Budaya tersebut. Panitia pun berharap acara diesnatalis tahun selanjutnya akan lebih meriah dari kali ini yang sudah meriah,

Kerja keras para panitia pun terbayar lunas dengan Kemeriahan “Berjuta Karya, Berjuta Cinta, Menuju Satu Cita”.

author